Beranda Berita Utama Hari Pertama Pendaftaran CPNS 2018, Portal SSCN Malah Sulit Diakses

Hari Pertama Pendaftaran CPNS 2018, Portal SSCN Malah Sulit Diakses

Tampilan portal SSCN yang sulit diakses pada hari pertama pendaftaran CPNS 2018, Rabu (26/9/2018).

JAKARTA-RADAR BOGOR, Hari pertama proses pendaftaran CPNS 2018 sebagaimana yang dijanjikan pemerintah terdapat sejumlah persoalan. Portal sistem seleksi CPNS nasional (SSCN) yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN) sulit diakses oleh calon pendaftar.

Pantauan radarbogor.id, pada Rabu (26/9/2018) hingga pukul 10.00, website sscn.bkn.go.id terasa berat dan memakan waktu yang cukup lama. J

ika menggunakan telepon genggam atau handphone membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk menunggunya. Padahal, jaringan yang dimiliki cukup kuat dengan 4G.

Begitu juga mengakses lewat perangkat komputer atau laptop. Kondisi serupa juga dialami.

Salah satu calon pelamar Leni (28) mengaku membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuka portal tersebut. Padahal, sudah menunggu kesempatan mendaftar itu sejak pagi.

“Jam 09:00 buka portal SSCN. Halaman awalnya sempat terbuka, namun saat hendak registrasi loading terus, padahal jaringan internetnya normal,” ujarnya Leni kepada radarbogor.id, Rabu (26/9/2018).

Sebelumnya, Ketua Panselnas CPNS 2018 Bima Haria Wibisana mengungkapkan, pelamar sudah bisa mulai membuat akun peserta.

Sebab, pengalaman tahun sebelumnya, banyak pelamar yang terhenti usai membuat akun. Mereka baru mendaftar beberapa hari jelang penutupan pendafataran.

“Insya Allah besok (hari ini Rabu (26/9/2018)) pelamar mulai bikin akun peserta. Karena banyak juga pelamar yang terkendala dengan membuat akun. Masalah yang sering ditemui adalah tidak adanya kesesuaian antara data pribadi di KTP, kartu keluarga dengan NIK (nomor induk kepegawaian,” ujar Bima, Selasa (25/9/2018).

Menurut Bima yang juga merupakan Kepala BKN itu, dengan memberikan jeda antara membuat akun dan pendaftaran. Sitem ini menguntungkan pelamar, karena mereka bisa punya waktu untuk menyelesaikan masalah bila terjadi ketidaksinkronan data dan NIK. (ysp)