25 radar bogor

IPB Tawarkan Dua Tiket Gratis untuk Peserta TOKI Jadi MahasiswaTanpa Tes

BOGOR-RADAR BOGOR, Institut Pertanian Bogor menjadi salah satu tempat Pemusatan Latihan Nasional  (Pelatnas) Tahap 1 Tim Olimpiade Komputer Indonesia  (TOKI) 2019.

Pelatnas Tahap 1 TOKI 2019 ini merupakan Pelatnas  Tahap 1 TOKI dalam rangka  persiapan menuju International Olympiad in Informatics (IOI)  2019 di Azerbaijan. Sebanyak 35 peserta tiba di IPB dan diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB, Dr. Ir. Drajat Martianto di Kampus IPB Dramaga, Selasa (18/9).

Dalam kesempatan itu, Dr. Drajat Martianto menyampaikan sekilas informasi terkait jalur penerimaan masuk IPB melalui jalur masuk Prestasi Internasional Nasional (PIN). Dr. Drajat menawarkan kuota IPB untuk dua siswa peserta TOKI yang masuk dalam 16 besar.

“Kami menawarkan dua kuota untuk dua orang siswa yang masuk 16 besar, diterima di IPB tanpa tes melalui jalur PIN. Mereka yang hadir di sini merupakan  siswa terbaik yang memiliki talenta pemrograman. Saya harap lahir dari kompetisi ini pengusaha-pengusaha sukses. Penting kemampuan ini diimbangi dengan kemampuan softskill,” ujarnya.

Direktur Sistem Informasi dan Transformasi Digital IPB, Ir. Julio Adi Santoso, M.Kom mengucapkan selamat datang kepada para peserta  pelatihan yang selama satu bulan akan mengikuti seleksi calon pelatnas berikutnya.

Kegiatan Pelatnas Tahap 1 TOKI 2019 ini merupakan salah satu dari serangkaian Pelatnas TOKI untuk memilih empat siswa terbaik yang akan mewakili Indonesia dalam 31st International Olympiad in Informatics (IOI)  yaitu ajang olimpiade pemrograman tingkat dunia yang akan diselenggarakann di Baku, Azerbaijan.

Peserta pelatnas terdiri dari 35 siswa terbaik hasil seleksi dari SMP/SMA seluruh Indonesia, mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Pelatnas TOKI adalah kegiatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Direktorat Pembinaan SMA yang dilakukan di perguruan tinggi pembina olimpiade komputer Indonesia yaitu IPB, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan  Institut Teknologi Sepuluh November (ITS),” papar Julio.

IPB untuk kesekian kalinya, sejak tahun 2003 ikut terlibat dalam penggemblengan siswa TOKI melalui Pelatnas Tahap 1, 2, atau 3. Pada kali ini, Pelatnas Tahap 1 TOKI diselenggarakan di Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital IPB mulai 16 September hingga 15 Oktober 2018.

Pengajar pada Pelatnas berasal dari dosen-dosen dan alumni perguruan tinggi pembina TOKI dan para alumni TOKI dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Selamat buat kalian yang sudah menjuarai OSN dari 35 terbaik yang diundang di  SMA kelas 10- 11. Terima kasih Rektor IPB dan jajarannya atas partisipasinya dalam pembinaan siswa SMA yang ikut dalam TOKI. Kami berharap empat orang yang terpilih dapat mempersembahkan yang terbaik untuk bangsa,” kata Purwadi Sutanto, Direktur Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (dh/ris)