25 radar bogor

Seren Taun, Warga Desa Sukaharja Persembahkan Hasil Bumi

KEKELUARGAAN: Warga Desa Sukajarja menikmati makanan yang disiapkan panitia acara Sereun Taun, kemarin (17/9).

CIJERUK–RADAR BOGOR, Mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang melimpah, warga RT 01/08 Kampung Cijulang, Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk adakan Sereun Taun, kemarin (17/9).

Sama seperti Seren Taun daerah lain, ratusan warga mengarak dongdang berisi hasil bumi yang selanjutnya dibagikan kepada warga dengan cara rebutan.

Menurut Kepala Desa Sukaharja, Santoso, tradisi Sereun Taun sudah menjadi agenda rutin tahunan setiap bulan Muharam.

”Kita libatkan warga dari sembilan RW dalam kegiatan ini. Tiap-tiap RW harus membawa hasil buminya,” katanya kepada Radar Bogor, kemarin (17/9).

Seren Taun kali ini, kata dia, memang berbeda. Selain untuk merayakan panen dan 1 Muharam, Sereun Taun kali ini bertepatan juga dengan HUT Kampung Cijulang yang ke-139.

”Banyak orang yang melupakan budaya sendiri terlebih lagi di kota-kota besar seperti Bogor. Tapi tidak di Kecamatan Cijeruk, khususnya Desa Sukaharja, Kampung Cijulang,” terangnya.

Menurutnya, warga masih melestarikan warisan budaya, salah satunya Sereun Taun. “Antusias warga dari semua kalangan dan usia sangat terasa. Bahkan banyak warga yang sengaja libur dari pekerjaan mereka untuk memeriahkan acara ini,” pungkasnya.(rp1/c)