25 radar bogor

Prabowo Pertanyakan Alokasi Dana Hutang-Hutang Pemerintah

Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto saat memberikan sambutan di acara workshop nasional PAN di Jakarta

JAKARTA – RADAR BOGOR, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ikut menghadiri acara Workshop Nasional PAN di Hotel Grand Paragon, Jakarta, Minggu (16/9). Dalam pidato sambutannya, mantan Danjen Kopassus itu mempertanyakan penggunaan operasional hutang-hutang pemerintahan selama ini.

Bakal calon presiden penantang Jokowi itu menyebutkan, tak ada yang tertinggal di dalam Indonesia, termasuk pula kekayaan alam
yang telah dikuasai asing. Dia bilang, saat ini yang ditinggalkan oleh bangsa hanyalah hutang.

Namun, kata mantan Danjen Kopassus yang akrab disapa 08 itu, hutang-hutang yang telah digunakan pemerintah pun dinilainya tak jelas aliran penggunaanya.

“Dengan segala hormat bahwa kekayaan nasional Indonesia tidak tinggal di Indonesia, dibawa terus ke luar negeri. Yang tinggal adalah hutang-hutang, Ini menurut saya patut dipertanyakan. Ke mana penggunaan hutang-hutang itu?” tanya Prabowo kepada seluruh kader PAN yang hadir.

Selain itu, Prabowo juga menyayangkan masih adanya oknum yang terus memanfaatkan hutang negara untuk kepentingan pribadi. Salah satunya untuk memperkaya dirinya masing-masing.

“Ada orang-orang yang sengaja mengemplang hutang. Proyek dibangun bukan untuk berhasil, tapi untuk mencuri uang rakyat,” ungkapnya.

Menurutnya, kunci kemakmuran bangsa adalah bagaimana pemerintahan bisa mengelola kekayaan nasional tanpa campur tangan asing. Sebaliknya, dalam dunia perekonomian, berhutang bukanlah menjadi solusi.

“Kenyatannya kalau di fakultas-fakultas ekonomi
tidak pernah diajarkan ngemplang hutang dari bank. Tapi dalam ekonomi itu lah yang terjadi,” pungkasnya.

(aim/JPC)