25 radar bogor

Mekaki Marathon Upaya Bangkitkan Semangat Masyarakat Lombok

Menpora Imam Nahrawi bersama Kadisparr Lombok Barat Ispan dan Nety Rusiningsih CEO ArchiSS di Kemenpora

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menpora Imam Nahrawi mengapresiasi kegiatan Mekaki Marathon 2018. Ajang yang dinisiasi oleh Pemkab Lombok Barat itu ingin membangkitkan semangat para korban bencana gempa di Lombok dan sekitarnya.

Acara Mekaki Marathon sendiri rencananya akan diselenggarakan pada 28 Oktober mendatang dengan target 2.000 peserta. Kegiatan ini bisa dimaksimalkan sebagai penegas bahwa Kemenpora hadir di Lombok dan ingin turut andil mengangkat semangat dan kepercayaan diri masyarakat pascamusibah gempa.

Usai menerima Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Ispan Junaidi di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (13/9), Menpora langsung menyampaikan keterangan kepada awak media.

“Hari ini kami kedatangan tamu dari Lombok Barat. Musibah gempa di Lombok ini harus didoakan dan beri semangat kepada para korban untuk memberikan harapan baru dengan cara menggelar Marathon Mekaki. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka memberikan suasana baru dan kepercayaan dunia bahwa masyarakat lombok kuat dan tegar menatap masa depan. Dengan kegiatan ini diharapkan Lombok bisa bangkit,” Kata Imam.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Ispan Junaidi mnenyebut jumlah pendaftar sudah banyak. Dia berharap peran serta seluruh masyarakat Indonesia untuk meramaikan acara ini lebih banyak lagi.

Berangkat dari nama pantai indah “Mekaki” di Pulau Lombok, pemerintah daerah Kabupaten Lombok Barat bersama para sponsor yang peduli ingin menggerakkan kembali semangat warga Lombok melalui even olahraga sekaligus sektor pariwisata yaitu Mekaki Marathon 2018.

“Kali ini merupakan tahun kedua. Kita tidak akan menunda, di tengah suasana duka Lombok kami ingin bangkit dan terus bersemangat. Kami sangat berharap kehadiran Pak Menpora menjadi penyemangat tersendiri untuk kebangkitan saudara-saudara kita,” kata Ispan

Melalui #LombokBangkit diharapkan partisipasi seluruh lapisan masyarakat terus menggemakan dan menumbuhkan terus optimisme warga Lombok. Termasuk akan memunculkan atlet lari kebangaan Lombok Muhomad Zohri.

“Duka pasti segera berakhir, berganti keceriaan dan kegembiraan menatap masa depan lebih baik. Mekaki Marathon (5K-10K) 2018, mewujudkan kebersamaan untuk tidak hanya memancarkan spirit prestasi untuk mencari talenta-talenta muda lari, tetapi spirit untuk bangkit dari segala keterpurukan akibat musibah gempa bagi warga Lombok seluruhnya,” imbuh Nety Rusiningsih, CEO ArchiSS, salah satu pendukung Mekaki Marathon ini. (dkk/jpnn)