25 radar bogor

Banyak Dibidik, Bisnis Lahan Parkir Menguntungkan

JAKARTA-RADAR BOGOR,Lahan parkir juga dapat menjadi pilihan investasi yang menguntungkan selain properti. Tentunya, lokasi menjadi salah satu penentu. Lahan parkir dapat menjadi pundi-pundi pemasukan yang cukup besar dan berpotensi menguntungkan pemiliknya bila berlokasi di tempat yang strategis.

Mengutip South China Morning Post, ada warga Hongkong yang memecahkan rekor dunia dengan membeli lahan parkir termahal di dunia.

Harga lahan parkir di Hong Kong yang satu ini bisa bikin sakit kepala. Bayangkan kalau harga lahan ini mencapai USD 760 ribu atau setara dengan Rp11 miliar. Padahal parkir ini hanya seluas 8,9 m x 4,2 meter.

Pembeli lahan parkir ini adalah Jack Chan Siu Kit
dan Cheung Tsui Ling. Chan adalah petinggi sebuah perusahaan finansial besar di Hong Kong.
Pemilik sebelumnya dikabarkan mendapatkan keuntungan USD 330.000 atau setara Rp4,8 miliar dari penjualan lahan parkir ini. Artinya mereka membeli lahan ini seharga USD 430.000 atau setara Rp6,2 miliar.

Transaksi pembelian oleh Chan terjadi pada Juni 2018. Sementara pemilik lama mempunyai lahan parkir ini selama sembilan bulan. Jangankan lahan parkir, harga apartemen di kawasan yang masuk China ini memang salah satu termahal di dunia. Jadi jangan bayangkan harga rumah di Hong Kong. Hanya konglomerat atau bintang film Mandarin saja yang bisa membeli rumah.

Sebenarnya, investasi lahan parkir juga bisa kamu lakukan di Indonesia. Bayangkan kalau kamu memiliki lahan parkir dekat stasiun commuter line yang bisa menampung 200 motor per hari. Coba hitung pemasukannya, 200 motor x sewa per hari Rp5.000 x 30 hari. Hasilnya adalah Rp30 juta per bulan.

(mys/JPC)