25 radar bogor

Asian Games 2018 Berakhir, Tiongkok Siap Gelar Pesta Berikutnya

Penyerahan bendera OCA ke delegasi Tiongkok (INASGOC/if)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta-Palembang, Indonesia, resmi ditutup pada Minggu (2/9). Ditandai dengan penyerahan bendera Olympic Council of Asia (OCA), Tiongkok resmi menjadi tuan rumah Asian Games 2022.

Berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), closing ceremony digelar. Penyanyi Isana Sarasvati menandai dimulainya acara megah tersebut.

Tak serang beberapa lama, Presiden Joko Widodo yang menyaksikan acara bersama korban bencana gempa di Lombok menyampaikan sambutannya. Wakil presiden sekaligus Dewan Pengarah Asian Games 2018, Jusuf Kalla turut memyampaikan pidato sebelum Presiden OCA, Sheik Ahmad Al-Fahad Al-Sabah menutupnya.

Penutupan tersebut diiringi proses penurunan bendera OCA untuk kemudian dilakukan serah terima oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, dan Ketua INASGOC Erick Thohir kepada Presiden OCA.

Setelah diserahkan, kemudian bendera tersebut diserahkan kepada dua delegasi Tiongkok oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani. Setelah itu, dilakukan penaikkan bendera Tiongkok dan pemutaran lagu
kebangsaan Tiongkok.

Prosesi tersebut ditandai dengan pertunjukan budaya dari Tiongkok. Itu untuk menegaskan bahwa Tiongkok merupakan tuan rumah Asian Games selanjutnya.

(isa/JPC)