Beranda Ekonomi Bos Bappenas Beberkan Pentingnya Iptek Untuk Nelayan dan Petani

Bos Bappenas Beberkan Pentingnya Iptek Untuk Nelayan dan Petani

Menteri PPN dan Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (Dok. JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) dianggap punya peran penting dalam sendi-sendi kehidupan saat ini. Tidak hanya mempermudah mobilitas, Iptek juga dapat mendorong produktifitas.

Hal itu diungkapkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro dalam seminar nasional Pembangunan IPTEK Untuk Kemajuan Bangsa di Kementerian PPN, Jakarta, Kamis (30/8).

“Penting kalau kita berbicara produktifitas terutama dalam konteks kekinian, itu adalah mengenai peran dari teknologi. Di dalam peningkatan produktifitas, teknologi punya peran penting. Iptek hari ini kita tidak hanya bicaran Hi-Tech, teknologi masa depan yang mungkin bagi sebagiaan dari kita masih di awang-awang,” ujarnya.

universitas ibn khaldun bogor uika

Lanjut Bambang, salah satu produktifitas yang bisa meningkat adalah sektor pertanian dan perikanan. Para petani dan nelayan dianggap punya potensi besar meningkatkan hasil panen mereka.

Sebagai contoh, para petani dan nelayan dapat melakukan inovasi dalam meningkatkan hasil panen dan tangkapannya melalui inovasi-inovasi yang banyak tersedia di situs internet
.

“Bagaimana petani miskin yang produktifitasnya rendah bisa kemudian meningkatkannya produksinya karena produktifitasnya meningkat,” katanya.

“Produktifitas di sektor pertanian bisa meningkat karena teknologi, bukan hanya menambah pupuk
, menambah pestisida,atau hal-hal lain yang sebaliknya malah akibatnya menyebabkan produktifitas pertanian turun. Justru kita harus menerapkan teknologi yang tepat guna,” pungkasnya.

(hap/JPC)