25 radar bogor

Kubu Prabowo-Sandi Ubah Pola ‘Serangan’, Ini Analisis Dosen UI

Belajar dari kegagalan Pilpres 2019, pasangan Prabowo - Sandi diprediksi bakal mengubah pola serangan di 2019.
Belajar dari kegagalan Pilpres 2019, pasangan Prabowo – Sandi diprediksi bakal mengubah pola serangan di 2019.

JAKARTA – RADAR BOGOR, Tim sukses (Timses) pasangan Prabowo – Sandi diduga memanfaatkan dan mengkapitalisasi  #2019GantiPresiden. Pasalnya, gerakan itu dinilai mampu mendegradasi elektabilitas pasangan petahana Jokowi-Ma’ruf.

“Patut diduga mereka (kubu Prabowo-Sandi) kini mengubah pola serangan dini dengan memperbesar frekuensi #2019GantiPresiden di semua lini,” ujar Ari, Selasa (28/8).

Ari menilai, kubu Prabowo – Sandi sudah banyak belajar dari  kegagalan di Pilpres 2014 lalu. Mereka, tampak memanfaatkan jeda waktu sebelum pengumuman resmi penetapan nomor urut capres cawapres dari KPU, untuk menguasai opini masyarakat.

“Istilahnya, sebelum bendera tanda lomba lari maraton dikibaskan penyelenggara, dalam hal ini KPU, mereka sudah tampil di depan mendekati garis finish,” ucap dosen di Universitas Indonesia (UI) itu.

Menurut Ari, di sinilah peran Badan pengawas pemilu (Bawaslu) sebagai wasit yang mengawasi pertandingan diperlukan. Bukan malah berdiam diri, dengan alasan belum memiliki kewenangan melakukan penindakan, karena pasangan calon belum ditetapkan dan kampanye belum dimulai.

“Pertanyaannya, kalau ada calon peserta yang curang, misalnya curi start sebelum bendera dikibaskan tanda dimulainya pertandingan, masa dibiarkan,” pungkasnya.

(jpg/aim/JPC)