25 radar bogor

PKL Suryakencana Bakal Direlokasi, Begini Konsepnya

 RAMAI: Pemkot Bogor akan merevitalisasi pedestrian Jalan Suryakencana. (Nelvi/ Radar Bogor)

BOGOR–RADAR BOGOR, Pemkot Bogor terus mematangkan rencana penataan kawasan Jalan Suryakencana Kawasan tersebut akan memiliki pedestrian yang direvitalisasi Pemerintah Kota Bogor mulai dari Jalan Suryakencana hingga persimpangan Gang Aut.

“Kami sudah koordinasikan, konsepnya lebar pedestrian sudah disepakati 3,5 meter, tinggal tayang untuk di lelang,” ujar Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Konsepnya jalan pedestarian tersebut, kata dia, akan menjadi fenomenal setelah pedestarian di seputaran Sistem Satu Arah (SSA). Sebab, menelan anggaran sebesar Rp14 miliar yang bersumber dari APBD Kota Bogor 2018.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, kata Bima, juga telah dikoordinasikan terkait pembangunan pedestarian. Sebab, sistem parkir akan ditata kembali.
Selain itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) juga terlibat di dalamnya.

“Alhamdulillah konsepnya sudah mencapai finalisasi, mudah-mudahan bisa mulai dibangun Oktober dan ini harus tepat waktu,” tegasnya.

Target revitalisasi sendiri rencananya akan memakan waktu sekitar tiga bulan. Yakni dari Oktober hingga Desember.

“Dibangun di dua titik bersamaan. Dari sini (sebelah kiri Gang Aut) mulai dan dari sana (sebelah kanan Toko Ria Busana) mulai. Nanti ketemu di tengah. Tapi ini belum semuanya, kalau sisi sana semuanya, kalau di sini kurang lebih cuma 500 meter,” sebutnya.

Sementara itu untuk para pedagang kaki lima yang biasa beroperasi malam di jalan Suryakencana akan direlokasi ke Pasar Sukasari.

Sebab, revitalisasi itu menurut Bima bukan hanya mempercantik saja tetapi juga harus mampu menghidupkan kawasan Suryakencana.

“Kalau tidak tersentuh akan seperti ini terus (stagnan) dan akan terus dikuasai pedagang. Jadi ini harus ada langkah berani demi sistem jangka panjang,” pungkasnya.(gal/c)