25 radar bogor

Negosiasi AS-Tiongkok Masih Alot Pasca Pertemuan di Gedung Putih

AS-Tiongkok tengah negosiasi perang dagang (Dok. JawaPos.com)
AS-Tiongkok tengah negosiasi perang dagang (Dok. JawaPos.com)

JAKARTARADAR BOGOR, Pejabat Amerika Serikat dan Tiongkok bertemu untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua bulan untuk mencari jalan keluar dari konflik perdagangan mereka yang semakin dalam, tetapi tidak ada bukti bahwa diskusi tersebut akan menghentikan putaran baru dari tarif AS yang jatuh tempo pada Kamis.

Delegasi pejabat Tiongkok terlihat memasuki Departemen Keuangan AS pada Rabu (22/8), untuk melakukan pembicaraan, lewat video CNBC. Kelompok pengusaha menyatakan harapan bahwa pertemuan dua hari akan menandai dimulainya negosiasi serius atas perdagangan Tiongkok dan perubahan kebijakan

yang diminta oleh Presiden Donald Trump.Pembicaraan itu adalah interaksi formal pertama antara AS dan pejabat China sejak Juni, ketika Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross gagal untuk mengamankan pembelian besar Cina terhadap kedelai AS dan gas

cair/LNG.Trump pada hari Senin mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara bahwa dia tidak ‘mengantisipasi banyak’ dari pembicaraan yang dipimpin oleh anak

Menteri Keuangan AS, David Malpass dan Wakil Menteri Perdagangan China, Wang Shouwen.Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan perundingan masih akan berlanjut. “Percakapan ini terus berlanjut. Saya tidak memiliki pengumuman apa pun tentang mereka. Tentunya apa yang kami ingin lihat adalah penawaran perdagangan yang lebih baik untuk Amerika Serikat,” kata Sarah.

Departemen Keuangan, kantor USTR, Departemen Perdagangan AS, dan Kedutaan Besar Tiongkok pun tidak menanggapi permintaan untuk komentar.

Berbicara di Beijing pada hari Rabu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Lu Kang mengatakan bahwa dia berharap untuk hasil yang baik.

“Kami berharap bahwa setiap orang dapat dengan tenang duduk bersama dan berdiskusi sungguh-sungguh menuju hasil yang bermanfaat bagi kedua belah pihak,” kata Lu, Rabu (22/8).

Trump telah mengancam untuk mengenakan bea atas hampir semua lebih dari USD 500 miliar dari barang-barang Tiongkok yang diekspor setiap tahun ke Amerika Serikat, kecuali Beijing setuju untuk menyapu perubahan praktik kekayaan intelektualnya, program subsidi industri dan struktur tarif.

Dilansir dari Reuters, Beijing telah membantah tuduhan AS bahwa secara sistematis memaksa transfer teknologi AS yang tidak adil dan telah mengatakan bahwa ia mematuhi aturan Organisasi Perdagangan Dunia.

Di masa lalu, anggota kunci dari administrasi Trump telah berselisih mengenai apakah akan melakukan perundingan dengan China untuk menerapkan tekanan melalui tarif lebih banyak, yakni dengan Menteri Keuangan Steven Mnuchin di bekas kamp dan Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer dan penasihat perdagangan Gedung Putih Peter Navarro yang terakhir.

(uji/JPC)