25 radar bogor

Indonesia Terus Diguncang Gempa Bumi, Terbaru 5,5 SR di Pesisir Barat Daya Lampung

Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi Gempa

LAMPUNG-RADAR BOGOR, Gempa bumi masih terus terjadi di wilayah Indonesia. Terbaru, gempa berkekuatan 5,5 skala richter (SR) terjadi di pesisir barat daya Lampung pada Kamis (23/8/2018) siang.

Gempa yang terjadi pada pukul 10.44 WIB itu berada di laut dengan jarak 156 km arah barat daya Lampung. Titik koordinat berada di 6,51 derajat Lintang Selatan (LS) dan 103,44 derajat Bujur Timur (BT).

Gempa dengan kedalaman 10 km itu turut dirasakan warga di Liwa, Biha Lampung Barat, Kota Agung, dan Krui.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan bahwa gempa ini dirasakan sedang hingga keras oleh masyarakat di Pesisir Barat Lampung dan Lampung Barat selama 2 sampai 4 detik.

“Sebagian masyarakat bahkan merespon keluar rumah dan gedung,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi. Namun demkian, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Sutopo juga menjelaskan bahwa tidak ada laporan korban jiwa dan kerusakan berat dari bangunan. Aktivitas masyarakat telah kembali normal.

Sumber gempa, sambungnya, berasal dari zona subduksi pertemuan lempeng Hindia Australia dan Eurasia.

Sementara berdasarkan analisis peta, gempa dirasakan di wilayah Kabupaten Pesisir Barat Lampung dan Lampung Barat memiliki intensitas gempa dirasakan III-IV MMI (ringan).

“Tapi tidak membahayakan konstruksi bangunan,” tukasnya. (ysp)