25 radar bogor

Kandaskan Thailand, Basket Putra Buka Peluang Lolos Penyisihan

Pebasket Indonesia Jamarr Andre Johnson (putih) mencoba melakukan lay up ke ring Thailand. Indonesia menang 98-86. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Pebasket Indonesia Jamarr Andre Johnson (putih) mencoba melakukan lay up ke ring Thailand. Indonesia menang 98-86. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

JAKARTARADAR BOGOR, Timnas basket putra Indonesia membuka peluang lolos dari babak penyisihan setelah menang atas Thailand dengan skor 98-86 pada pertandingan lanjutan penyisihan grup A Asian Games 2018, Senin (20/8).

Pada pertandingan tersebut, Thailand tampil menekan sejak awal kuarter pertama. Namun, pada menit akhir timnas Indonesia berbalik menekan, dengan Jamarr Andre Johnson tampil represif dan membawa timnya unggul dengan skor tipis 30-29 untuk Indonesia.

Memasuki kuarter kedua, beberapa kali Thailand melewatkan kesempatan emas yang langsung dimanfaatkan dengan baik oleh Merah Putih. Jamarr yang tampil dengan baik masih membuat Indonesia memimpin dengan skor 51-43 di akhir kuarter kedua.

Pada kuarter ketiga, pertandingan makin memanas. Indonesia secara intens terus merebut bola dan menggedor pertahanan Thailand hingga skor berakhir 72-66 di kuarter tiga. Indonesia berhasil membuat Hall Basket Gelora Bung Karno bergemuruh setelah menutup pertandingan dengan skor 98-86.

Jamarr tampil sebagai bintang lapangan dengan torehan 28 poin, disusul Xaverius Prawiro dengan 18 poin.

“Puji Tuhan kita bisa menangkan laga hidup mati ini. Kalau kita kalah tadi, kita sudah tidak ada kesempatan lolos karena Thailand sudah menang melawan Mongolia di pertandingan pertama,” ujar pelatih timnas basket putra Indonesia Fictor Gideon Roring usai laga.

Untuk memastikan diri lolos, Roring menuturkan, anak-anak didiknya harus memenangkan laga melawan Mongolia pada Sabtu (25/8) nanti. “Saya sudah tekankan ke anak-anak, tidak ada yang boleh sakit atau kelelahan. Harus fokus lawan Mongolia, dan paling tidak harus bisa bermain seperti tadi,” ujar Fictor.

(iml/JPC)