25 radar bogor

Ngeri! Detik-detik Longsor di Lereng Perbukitan Gunung Rinjani, Batu-batu Berjatuhan

Video detik-detik longsor di lereng perbukitan Gunung Rinjani, akibat gempa 6,5 SR Minggu (19/8/2018).
Video detik-detik longsor di lereng perbukitan Gunung Rinjani, akibat gempa 6,5 SR Minggu (19/8/2018).

LOMBOK-RADAR BOGOR, Sebuah video yang berisi kepanikan warga saat melihat kepulan asap di sekitar Gunung Rinjani beredar luas.

Diketahui bahwa, video tersebut memperlihatkan detik-detik longsor di lereng perbukitan Pegangsingan Gunung Rinjani di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok, Lombok Timur, Minggu (19/8/2018).

Informasi tersebut diperoleh dari twitter Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

“Batu-batu berjatuhan menuruni lereng perbukitan dan Gunung Rinjani akibat guncangan gempa 6,5 SR di Kecamatan Sembalun Kab. Lombok Timur. Tidak ada korban jiwa. Beberapa rumah rusak,” tulis Kepala Sutopo, dalam twitternya @Sutopo_PN, Minggu (19/8/2018) siang.

Sutopo juga menyebutkan bahwa longsor telah terjadi di beberapa titik lereng Gunung Rinjani, seperti di Bukit Pegangsingan dan Bukit Anak Dara di Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Dijelaskannya, bahwa longsor terjadi sebagai dampak gempa bermagnitudo 6,5 yang terjadi sekitar pukul 11.10 WIB.

“Longsor terjadi di lereng perbukitan Pegangsingan Gunung Rinjani di Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Lombok Timur. Longsor terjadi akibat gempa susulan 6,5 SR pada 19/8/2018 pukul 11.10 WIB. Masyarakat merasakan guncangan keras. Masyarakat segera keluar rumah,” tulisnya.

BNPB menyatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Pasalnya, Taman Nasional Gunung Rinjani masih ditutup hingga saat ini sehingga tidak ada aktivitas warga dan wisatawan di kawasan gunung.

“Namun demikian petugas SAR akan melakukan penyisiran setelah gempa nantinya,” tuturnya. (ysp)