25 radar bogor

Buat Para Ibu! Pegadaian Terima Tupperware untuk Digadaikan Nih, Bunganya Nol Persen

Ilustrasi Tupperware.
Ilustrasi Tupperware.

JAKARTA-RADAR BOGOR, PT Pegadaian Indonesia ingin kembali meningkatkan jumlah jangkauan nasabah kelas menengah ke bawah.

Salah satu caranya, Pegadaian  menerima barang-barang rumah tangga untuk dijadikan jaminan selama memang punya nilai yang sesuai ketentuan. Seperti kulkas, blander bahkan tupperware bisa menjadi jaminan.

Tupperware merupakan merek produk wadah makanan dan minuman yang harganya relatif lebih tinggi ketimbang produk serupa.

Kepala Humas Pegadaian Basuki Tri Andayani mengatakan, pada prinsipnya Pegadaian juga menerima barang-barang non-emas yang memiliki nilai sebagai jaminan gadai.

“Iya (termasuk Tupperware), tapi tidak semua outlet menerima,” ujar Basuki, Jumat (10/8/2018).

Menurut Basuki, detail barang yang diterima akan ditaksir dulu nilainya oleh penaksir barang di outlet. “Secara operasional yang menetapkan langsung adalah pemimpin cabangnya,” kata Basuki.

Nilai gadai Tupperware masuk dalam kategori pinjaman gadai kecil. Pinjaman terkecil dimulai dari Rp 50.000 hingga Rp 500.000.

Untuk pinjaman dalam rentang angka tersebut, Pegadaian mengenakann bunga nol persen.  “Pegadaian tidak memungut bunga,” kata Basuki.

Pegadaian menetapkan kriteria barang yang akan jadi jaminan gadai harus memiliki nilai ekonomis dan diminati masyarakat.

Pertama, golongan kendaraan bermotor seperti mobil, motor, dan sebagainya. Kedua, barang elektronik yang meliputi ponsel, laptop, tablet, dan komputer.

Ada pula alat-alat rumah tangga dan alat pertanian yang memiliki nilai untuk digadai. Selain itu, ada beberapa jenis barang yang diterima yang ditetapkan pemimpin wilayah dengan mempertimbangkan risiko bisnis dan nilai ekonomisnya. “Jadi beda wilayah bisa saja terdapat perbedaan kebijakan,” kata Basuki. (ysp)