25 radar bogor

Keren! Batik Khas Bogor Tembus Pasar Eropa

Stand batik Bogor di sebuah pameran di Rusia dikunjungi warga setempat

BOGOR-RADAR BOGOR,Batik khas Bogor serta Cianjur menembus pasar Eropa Timur. Keberadaan dua produk lokal hadir melalui rancangan motif batik yang dikombinasikan denga brokat hasil desainer Cut Emma, dalam kemasan Batik Plung Ngibing.

Fasion karya anak bangsa ini hadir di Festival Indonesia-Moscow, yang bertema “Festival Wounderful Indonesia”, akhir pekan lalu.

Tidak disangka. Batik khas Bogor dan Cianjur, yang sempat diperagakan sejumlah model ini, menyedot perhatian publik Kota Moscow. Selama kegiatan berlangsung, setiap hari tidak kurang dari 1.300 pengunjung silih berganti, singgah untuk mengenal langsung fasion lokal dari Indonesia.

Cut Emma menjelaskan, daya tarik batik Bogor dan Cianjur membawa nuansa tersendiri dalam festival tahunan tersebut, yang juga diikuti seluruh negara di Asia. Sentuhan etnik khas Sunda terasa sangat kental.

Hal itu menjadi magnet tersendiri yang mampu menyita perhatian publik Kota Moskow. Motif batik yang khas serta bermakna rancang dengan tampilan desain elegan dan sederhana.

“Kita senang. Produk lokal dari Indonesi mampu menyedot perhatian pengunjung,” tutur Emma.

Selain Batik, sejumlah produk UKM Bogor lainnya juga ikut serta dipamerkan. Makanan ringan ternyata sangat di minati warga rusia.

“Keikut sertaan produk asal Bogor dan Cianjur ini,diusung oleh Rumah Usaha Baraya Eka sastra.” Terang Emma. (dik)