25 radar bogor

Berkat Hobi Bermain Game, Nur Wijaya Berpredikat Sebagai Mahasiswa Termuda UGM

YOGYAKARTA-RADAR BOGOR, Pembukaan Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) Universitas Gajah Mada (UGM) diikuti oleh 9.125 mahasiswa, pada senin (6/8). Salah satu orang itu diantaranya Nur Wijaya Kusuma yang baru diterima di Teknik Elektro Fakultas Teknik.

Wijaya merupakan mahasiswa termuda angkatan 2018 yang diterima masuk ke UGM. Saat ini remaja yang mendaftar melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tersebut masih berumur 15 tahun 3 bulan 6 hari.

Putra satu-satunya dari pasangan Sapta Kusuma Brata dan Uswatun khasanah yang beralamat di Jalan Pajajaran, Surakarta itu sejak kecil mengaku memang termotivasi. Untuk menyelesaikan segala hal, supaya bisa cepat dan baik.

“Dulu waktu awal sekolah di PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), diceritain kalau semua bisa diselesaikan dengan cepat maka nanti bisa lebih santai,” kata Wijaya saat ditemui di UGM, Senin (6/8).

Prinsip itu pun, dipegangnya ketika mengenyam pendidikan. Wijaya menyelesaikan sekolah di Sekolah Dasar (SD) 16 Surakarta dalam waktu 5 tahun.

Kemudian dilanjut di SMP 9 Surakarta diselesaikan dalam 2 tahun. Lalu mengambil program 4 Semester pengganti akselerasi di SMA 3 Surakarta. “Saya kan bingung awalnya (mau meneruskan kuliah di mana). Bapak nyaranin biar ngikutin bapak dulu (di UGM). Bapak dulu Teknik Nuklir,” katanya.

Ia juga mengungkapkan alasannya memilih jurusan kuliah di Teknik Elektro ini. Sebab tak terlalu jauh dari kelistrikan yang mana saat ini segala hal membutuhkan listrik.

Meski sudah berstatus menjadi mahasiswa, Wijaya pun sampai kini belum ada pikiran untuk bekerja di mana nanti ketika lulus. Hanya jangka pendek targetnya adalah bisa menyelesaikan studinya ini juga dalam jangka waktu cepat.

“Kalau bidang kerjaan belum kepikiran. Cita-cita pengen selesai kuliah lulus cepat. Kalau dari orangtua disarankan lanjut (kuliah lagi), biar tidak terlalu muda saat kerja,” katanya yang mengaku hobi bermain game ini.(dho/JPC/mg1/JPG)