25 radar bogor

Seru! Puluhan Pelajar asal Thailand Belajar di Metland

PERTUKARAN PELAJAR: Para siswa dari Thailand antusias mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di SMK Pariwisata Metland.

CIBUBUR–RADAR BOGOR,Sebanyak 44 pelajar akan menimba ilmu selama dua minggu. Selama proses pem­belajaran, mereka bergabung dengan siswa SMK Pariwisata Metland.

“Kedata­ngan pelajar Thailand ini merupakan bagian dari program student exchange, yang dipra­karsai Kementerian Pendidikan se-Asia Teng­gara atau South East Asian Ministery Edu­­cation (SEAMEO),” ujar Kepala SMK Pari­­wisata Metland, Dharmawan Sunarja.

Dia mengatakan, program tersebut meru­pakan kali kedua dilaksanakan di SMK Pariwisata Metland. Sebelumnya di tahun 2017 mereka juga menerima siswa dari Thailand.

“Jumlahnya dua kali lipat dari tahun 2017 lalu, yaitu tahun lalu ada 24 murid. Saat ini naik menjadi 44 siswa,” bebernya.

Selain belajar tentang budaya Indonesia, para siswa asal Thailand juga akan belajar tentang kegiatan vokasi di bidang hospitality, kuliner dan hotel.

Menurut Dharmawan program ini sepenuhnya kerja sama antara Direktorat PSMK dengan SEAMEO.

“Alhamdulillah SMK Metland ditunjuk sebagai sekolah yang bisa mengelolah serta memiliki fasilitas yang memadai bagi program student exchange,” tuturnya.

Sebaliknya, lanjut dia, nantinya siswa-siswi SMK Metland juga akan mengikuti progam serupa pada Oktober 2018. Ada beberapa siswa-siswi terpilih yang akan mengikuti program tersebut. (cr2/c)