25 radar bogor

Kunjungi Wisma Atlet Asian Games 2018, Menpora Cium Aroma Tak Sedap

Menpora Imam Nahrawi
Menpora Imam Nahrawi

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi, mengunjungi Wisma Atlet untuk Asian Games 2018 di Kemayoran, Jakarta, Minggu (29/7/2018) sore. Dalam kunjungan tersebut, Menpora mengaku masih mencium aroma tidak sedap yang masuk hingga ke area ruang makan.

Aroma tak sedap yang dimaksud Menpora Imam Nahrawi adalah bau menyengat yang berasal dari Kali Item di dekat Wisma Atlet. Dalam beberapa hari terakhir Kali Item di dekat Wisma Atlet Asian Games 2018 itu memang menjadi sorotan karena bau tak sedap yang muncul akibat banyaknya limbah dari air yang mengalir.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan menutup kali dengan jaring hitam. Namun, solusi tersebut tampaknya tak banyak memengaruhi dampak pencemaran yang tercium hingga ke Wisma Atlet.

“Masih bau, dan baunya sampai ke dining hall. Bagaimana ya untuk menghilangkan bau tersebut?” tanya Menpora dalam kunjungan yang dilakukan untuk meninjau fasilitas pendukung di Wisma Atlet Asian Games 2018 itu.

Aroma tak sedap dari sungai yang sebenarnya bernama Kali Sentiong itu memang tak bisa dihindari. Keberadaan sungai tersebut persis berada di samping area Wisma Atlet, terlebih sangat dekat dengan ruang makan yang akan digunakan para atlet yang berada di sana.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi masalah, mulai dari menjernihkan warna air yang mengalir di kali tersebut, mengalirkan air ke Kali Sunter, hingga menaburkan zat pewangi. Namun, semua itu tampaknya belum benar-benar menjadi solusi hingga Menpora tiba mengecek Wisma Atlet Asian Games 2018 pada Minggu sore. (ysp)