25 radar bogor

Rupiah Akhir Pekan Masih Bisa Menguat Lagi

Ilustrasi penukaran uang di sebuah money changer (DOK. ISSAK RAMADHAN/JAWAPOS.COM)
Ilustrasi penukaran uang di sebuah money changer (DOK. ISSAK RAMADHAN/JAWAPOS.COM)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Perdagangan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) diharapkan dapat bertahan untuk terus menghindari level 14.500.

Menurut Analis AAEI Reza Priyambada mengatakan, masih adanya imbas sentimen positif dari dalam negeri yang dibarengi dengan terapresiasinya EUR terhadap USD sehingga membuat USD terlihat bergerak turun memberikan peluang pada Rupiah untuk dapat kembali melanjutkan kenaikannya.

“Diperkirakan Rupiah akan bergerak dikisaran 14.460-14.450,” ujarnya di Jakarta, Jumat (27/7).

Reza menjelaskan, laju Rupiah masih bergerak positif seiring imbas kenaikan EUR terhadap USD pasca adanya sentimen pertemuan antara Presiden Trump dengan Presiden Komisi Uni Eropa untuk membahas kesepakatan tarif dagang diantara keduanya.

Masih adanya imbas sejumlah sentimen positif dari dalam negeri, terutama dari rencana Pemerintah yang akan berupaya menggenjot ekspor untuk mengantisipasi adanya perang dagang AS-Tiongkok.

Kemudian, pemerintah juga mengatakan ekonomi Indonesia memiliki fundamental yang cukup kuat, serta penilaian BI terhadap inflasi yang akan bertahan di level 3 persen, cukup membantu Rupiah bertahan positif.

(mys/JPC)