25 radar bogor

Dorong Potensi Pertanian dan Maritim

Kaya Potensi. Dalam rangka mendukung kemajuan industri maritim dan komponennya, GEM Indonesia kembali menyelenggarakan Inamarine 2018 dan Inagritech 2018. (istimewa)
Kaya Potensi. Dalam rangka mendukung kemajuan industri maritim dan komponennya, GEM Indonesia kembali menyelenggarakan Inamarine 2018 dan Inagritech 2018. (istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Indonesia dianggap memiliki peluang besar untuk memanfaatkan keunggulan di sektor pertanian dan maritim. Pasalnya, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan luas daratan mencapai 1.922.570 km persegi dan luas perairan mencapai 3.257.483 km persegi.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2017, sektor pertanian terus memberikan kontribusi positif untuk perekonomian Indonesia. Dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia yang mencapai Rp 3.366,8 triliun, pertanian menjadi sektor kedua paling berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, setelah industri pengolahan.

Jika dilihat dari sisi produksi, posisi sektor pertanian masih di atas sektor lain, seperti perdagangan maupun konstruksi. Meningkatnya kontribusi sektor pertanian terhadap pertumbuhan ekonomi tidak terlepas dari upaya pemerintah untuk terus mendorong peningkatan produksi, terutama komoditas strategis untuk mewujudkan swasembada pangan.

Pemerintah menetapkan visi Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia pada 2045. Potensi itulah yang membuat GEM Indonesia kembali menggelar pameran Inagritech 2018 (The 6th Indonesia International Agricultural Machinery, Equipment, Technology & Services Exhibition 2018).

Pameran tersebut akan digelar bersamaan dengan Inagrichem, Inapalm Asia, SugarMach Indonesia dan Pump& Valve Indonesia yang merupakan pameran dagang berskala Internasional paling komprehensif di sektor industri alat mesin dan teknologi pertanian, kimia pertanian, mesin prosesing kelapa sawit, gula dan pomp air.

Pameran tersebut diselenggarakan pada 25-27 Juli 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta yang akan diikuti oleh 300 peserta dari 22 negara dan menghadirkan lebih dari 15.000 pengunjung dari kalangan profesional/pebisnis alat mesin pertanian nasional dan internasional.

GEM Indonesia juga kembali menggelar pameran Inapalm Asia 2018 (The 6 Indonesia International Palm Oil Machinery & Processing Technology Exhibition 2018). Juga, pameran Indonesia Agricultural Technology Conference (IATC) 2018 yang berintegrasi dengan Inagritech 2018, Inapalm Asia 2018 & Sugarmach Indonesia 2018.

Selain pertanian, industri maritim merupakan salah satu sektor yang memegang peran penting dalam roda perekonomian Indonesia. Banyak program pembangunan terintegrasi di sektor maritim yang sedang dilaksanakan secara masif oleh pemerintah dan swasta seperti program poros maritim, tol laut, pengamanan (perbatasan) laut dari pencurian dan penyelundupan, hingga potensi pertumbuhan ekonomi akibat terkoneksinya maritim Indonesia dengan jalur Sutra ‘Satu Sabuk Satu Jalur’ (One Belt One Road).

Dalam rangka mendukung kemajuan industri maritim dan komponennya, GEM Indonesia kembali menyelenggarakan Inamarine 2018. Pameran ke-8 itu diselenggarakan pada 25–27 Juli 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, yang diramaikan lebih dari 300 peserta dari 18 negara serta mendatangkan lebih dari 21.000 pengunjung dari dalam dan luar negeri.

(srs/JPC)