25 radar bogor

Tepat Memilih Kendaran, Kunci Sukses Bisnis Kargo

Armada pengiriman milik Caraka Cargo (Teguh Jiwa Brata / JawaPos.com)
Armada pengiriman milik Caraka Cargo (Teguh Jiwa Brata / JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Bagi sebuah perusahaan kargo, mobil merupakan aset utama dalam berbisnis. Karenanya, perusahaan tersebut harus memiliki kendaraan bermotor yang sesuai kebutuhan.

PT Caraka Jaya Sentosa misalnya, membutuhkan mobil angkutan barang sebagai sarana usaha yang utama. Saat ini, perusahaan jasa kargo yang lebih dikenal sebagai Caraka Cargo ini melayani banyak klien besar. Di antaranya yaitu Phillips, Nutrifood, Universitas Terbuka, Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia, dan Kementerian Agama.

Agar bisa melayani klien-klien itu Caraka Cargo menggunakan 34 unit armada. Di dalamnya ada mobil boks dan blind van kecil, serta truk boks beroda empat dan enam. Namun, untuk keperluan antar-jemput barang untuk wilayah perkotaan, mobil boks kecil dan blind van menjadi pilihan utama. Kedua jenis mobil ini bisa menyusuri jalan-jalan hingga jalur yang sempit.

Menurut Kiki Yanfikar. Staf marketing Caraka Cargo ini menyatakan, pemilihan Daihatsu Gran Max juga untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya yang membutuhkan pengiriman barang menggunakan kendaraan kecil. “Kami menggunakan Gran Max blind van untuk tujuan gedung perkantoran. Mobil ini lebih mudah bermanuver karena dilengkapi dengan power steering dan mudah untuk bongkat-muat barang,” jelasnya. Sedangkan yang jenis boks untuk keperluan yang lebih umum, termasuk untuk bongkar-muat di gudang.

Caraka Cargo saat ini mengoperasikan dua unit Daihatsu Gran Max blind van dan empat unit Daihatsu Grand Max boks. Jumlah ini sekitar 43 % dari total 14 armada kecil yang dimiliki Caraka Cargo. Delapan unit lainnya terdiri atas 1 unit Daihatsu Zebra dan 7 unit dari dua merek lain.

Caraka Cargo juga mengembangkan jasa pengiriman City Courier. Adalah layanan pengiriman Dokumen dan paket untuk tujuan dalam kota (JABODETABEK), dengan jenis pelayanan antara lain Reguler ServiceSame Day Service, dan layanan Express Service. Perusahan ini membekali kurir dengan sepeda motor.

Sementara itu untuk keperluan pelayanan pengirimaan barang dalam kapasitas yang lebih besar kargo darat, dan kargo laut, perusahaan ini memiliki kendaraan Fuso Box dan Bak Terbuka, Wing Box/Built Up, serta container 20“ dan 40“.

(tjb/JPC)