Beranda Bogor Raya Selatan

BPBD Gandeng TNI

ANDIKA/RADAR BOGOR
TANGGAP DARURAT : Anggota BPBD menyerahkan rompi kepada warga.

CIJERUK–RADAR BOGOR, Bertempat di aula kantor Desa Warungmenteng, Kecamatan Cijeruk, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melaksanakan simulasi penanganan bencana bagi masyarakat se-Kecamatan Cijeruk, kemarin (16/7).

Sebanyak 50 orang perwakilan di sembilan desa bakal mengikuti simulasi dan bimtek selama tiga hari ke depan. Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Dede Firmansyah mengatakan, pelaksanaan yang melibatkan Batalion Pembekalan Angkutan (Bekang) 1 Kostrad TNI AD, Rapi, Linmas, staf desa, dan juga masyarakat relawan BPBD ini dilaksanakan dengan berbagai simulasi.

“Simulasi dan bimtek penanggulangan bencana longsor ini adalah acara rutin BPBD. Ini adalah bagian dari kita untuk meningkatkan kapasitas masyarakat. Baik dalam menangani bencana, dan kesiapsiagaan atau penanggulangan pra-bencana. Supaya masyarakat bisa tanggap dalam menanggulangi bencana,” jelas Dede pada Radar Bogor kemarin.

Ia menambahkan, khusus di Kecamatan Cijeruk, kegiatan tiga hari ini juga melibatkan TNI. Alasannya, keterlibatan TNI merupakan kerja sama, misal, dalam penanganan bencana longsor hebat di Stasiun Maseng awal tahun lalu.

“Kita tidak bisa bekerja sendiri, pastinya ada unsur lain yang terlibat. Maka ke depannya kerja sama ini akan kita libatkan pula pihak kepolisian,” bebernya lagi.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Warungmenteng, Maman Fatuloh berterima kasih dengan pelatihan bencana alam kepada warganya itu.(dka/c)

Baca Juga