25 radar bogor

Tambah Fasilitas Pelayanan Lansia

ILUSTRASI
ILUSTRASI

CIBUBUR–Radar Bogor, Penyelenggaraan kesehatan bagi lanjut usia (lansia) memang mem­butuhkan perhatian khusus dari pemerintah. Untuk itu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Tapos menyediakan berbagai fasilitas khusus bagi pasien yang masuk dalam kategori lansia.

Kepala UPT Puskesmas Tapos, Mamik Jurniati mengatakan, kalung prioritas bagi pasien lansia akan diberikan ketika ingin berobat di Puskesmas Tapos. Adapun fasilitas tambahan yang diperuntukkan khusus lansia, di antaranya ruang tunggu, pelayanan obat, dan ruang khusus pemeriksaan.

“Seluruh pasien lansia harus diprioritaskan, sehingga kita berikan kalung prioritas itu. Pelayanan obat juga kita berikan kepada lansia, dengan menjelaskan takaran obat yang harus dikonsumsi per harinya,” ujarnya kepada Radar Cibubur, Selasa (10/7) kemarin.

Ia menjelaskan, sedikitnya 23 pos pembinaan terpadu (posbindu) turut disediakan bagi para lansia. Di sana, lanjut dia, pasien lansia juga diberikan berbagai kegiatan secara khusus. “Fasilitas posbindu tersebar di seluruh Kecamatan Tapos. Tak hanya kegiatan di dalamnya, tapi kita juga menerima pelayanan pemeriksaan tensi, kolesterol, gula darah dan lain-lain untuk lansia,” tuturnya.

Mamik berharap, adanya fasilitas yang sudah tersedia dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para lansia. Nantinya, kata dia, diharapkan semua fasilitas tersebut dapat bersinergi dengan tujuan Kota Depok. “Mari bersama kita wujudkan Kota Depok sebagai kota ramah lansia. Melalui fasilitas yang sudah ada kita gencarkan kegiatan untuk mewujudkan itu, tapi tentunya perlu kerja sama antara masyarakat mau­­pun pemerintah,” pung­kasnya.(cr2/c)