25 radar bogor

Evakuasi Buaya ke Museum Reptil TMII

ilustrasi Emak-Emak duel dengan buaya
ilustrasi Emak-Emak duel dengan buaya.
Ilustrasi

CIBUBUR–Radar Bogor, Petugas gabungan berhasil mengevakuasi seekor buaya sepanjang 4,5 meter dari empang milik warga RT 01/03, Kelurahan Setu, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (9/7) petang.

Evakuasi dilakukan karena buaya yang sebelumnya dipelihara ini, semakin besar dan meresahkan warga. Rencananya, buaya tersebut akan ditempatkan di Museum Reptil Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Maah Setiawan (52), warga sekitar mengungkapkan, buaya itu sebelumnya merupakan peliharaan salah satu warga sejak 1990. Namun setelah pemiliknya meninggal, buaya tersebut dipelihara warga sekitar hingga saat ini memiliki panjang 4,5 meter dengan berat 250 kilogram. “Karena warga resah maka kita minta bantuan petugas untuk mengevakuasi buaya ini. Kalau orang biasa, jelas tidak ada yang berani,” ujar Maah Setiawan.

Mendapat laporan warga, tim gabungan dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) serta Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur langsung mendatangi lokasi. Dengan per­alatan pompa, air yang ada di empang ber­­ukuran 100 meter persegi itu dikuras.

“Setelah itu, kita ikat bagian mulut dan tubuhnya, agar tidak menyerang saat dievakuasi,” ujar Gatot Sulaeman, Kasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Gulkarmat Jakarta Timur. Selanjutnya buaya dinaikkan ke atas kendaraan pengangkut, untuk dibawa ke Museum Reptil TMII.(bej)