25 radar bogor

Pasar Cisalak Segera Diperluas

ilustrasi
ilustrasi

CIBUBUR–RADAR BOGOR, Perencanaan revitalisasi Pasar Cisalak te­ngah dikaji pemerintah. Da­lam waktu beberapa bulan ke depan, perluasan terhadap pasar tradisional tersebut akan dilakukan bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok. Ren­ca­nanya, penyertaan dana alo­kasi khusus (DAK) dari Ke­men­terian Perdagangan (Ke­men­dag), akan diper­gu­nakan untuk pembangunannya.

Kabid Sarana dan Bina Pasar Disdagin Kota Depok, Dadang Supriatna mengatakan, pe­nam­bahan ruangan akan di­lakukan pada area Pasar Cisalak. Pihaknya akan menambah tiga kios dengan ukuran masing-masing 4 x 5 meter. “Lokasi perluasan yang kita lakukan  masih di sekitaran area Pasar Cisalak,” urainya.

Dadang membenarkan bahwa rencana revitalisasi tersebut akan mengguna­kan DAK Kemendag. Kata dia, anggaran yang akan di­ku­curkan untuk pem­bangu­nan pasar sebe­sar Rp4.425.000.000. Namun da­ri jumlah kese­luruhan angga­r­an yang di­gunakan, tidak hanya dipe­runtukkan bagi pembangu­nan satu pasar.

“Ada beberapa pasar yang akan turut direvitalisasi, di antaranya Pasar Tapos, Pasar Sukatani dan Tugu, kemudian Pasar Cisalak. Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan keseluruhan pasar,” terangnya.

Ia mengaku, kaitannya de­ngan perencanaan tersebut memasuki tahap persiapan pelelangan. Pada Juli 2018 ini pun sudah masuk proses lelang. Untuk proses penger­jaannya pun, ditargetkan dapat selesai pada November 2018. “Penger­jaannya bisa sampai 3–4 bulan tahun ini, itu tergantung dari kontrak yang sudah ditentukan unit layanan pengadaan (ULP),” tukasnya (cr2/c)