25 radar bogor

90 Persen Masuk PTN

BANGGA: Para siswa SMAN 2 Cibinong memperlihatkan berbagai piala yang telah diraih.
BANGGA: Para siswa SMAN 2 Cibinong memperlihatkan berbagai piala yang telah diraih.

CIBINONG–Prestasi mem­banggakan ditorehkan siswa SMAN 2 Cibinong tiap tahun­nya. Sekitar 90 persen lulusan­nya berhasil masuk ke per­guruan tinggi negeri (PTN). Tahun ini, dari total 319 siswa, tercatat 298 di antaranya mampu melewati SNMPTN, SBMPTN maupun Jalur Mandiri dengan mulus.

Hal itu diungkapkan Kepala SMAN 2 Cibinong, Bambang Supriyadi. Menurutnya, UI, UNPAD dan UNBRAW menjadi PTN yang paling banyak menerima siswa lulusan SMAN 2 Cibinong. Sisanya, tak sedikit dari mereka yang melanjutkan pendidikan ke luar negeri, maupun perguruan tinggi de­ngan jurusan favorit lainnya.

“Kami memadukan dua hal untuk mencapai moto kami, yakni beyond expectation. Antara standar yang diterapkan dan kepuasan pelanggan, pelanggan di sini adalah wali murid,” papar Bambang.

Dia melanjutkan, kepuasan pelanggan adalah selalu be­rupaya dan berusaha agar sis­wa lulusan SMAN 2 Cibi­nong diterima di PTN sebanyak-banyaknya. Dalam lima ta­hun terakhir ini, 90 persen siswa masuk ke PTN, hingga yang terakhir paling banyak 91 persen.

“Kiat sekolah yang pertama, dilakukan komitmen baik di web maupun di rapat-rapat wali murid, yaitu sekolah di SMAN 2 harus melanjutkan, 100 persen anak kami me­lanjutkan ke PTN, itu yang pertama,” bebernya

Setelah masuk ke SMAN 2 Cibinong, sambung Bambang, pihaknya punya berbagai ca­ra yang paling efektif, yakni membangun budaya kompe­tisi. Bahwa siswa harus berupa­ya bagaimana cara mendapat­kan kompetensi yang baik, karena tujuannya nanti mesti ke PTN.

“Lalu menguasai IT, karena pembelajaran berbasis IT, salah satu grand design sekarang. Selain itu kita sampaikan bahwa bimbel adalah salah satu sentuhan dari orang lain selain guru. Silakan bimbel apa pun, online atau lainnya,” tuturnya.

Lebih lanjut Bambang menu­turkan, yang tidak kalah penting adalah sekolah pun wajib bersinergi dengan orang tua. “Jadi, kebersamaan dengan orang tua tetap terjalin,” tandasnya.(wil/c)