25 radar bogor

Terapkan Alat Komunikasi Antisadap

UJI COBA: Babinsa Kelurahan Harjamukti, Pelda Rasiman sedang mengecek teknologi HT personal kamera.
UJI COBA: Babinsa Kelurahan Harjamukti, Pelda Rasiman sedang mengecek teknologi HT personal kamera.

DEPOK-RADAR BOGOR, Babinsa di Koramil 06/Cimanggis kini dilengkapi alat komunikasi yang tergolong modern dan canggih berupa HT personal kamera yang lang­sung terhubung dengan satelit.

Alat tersebut diharapkan dapat mendukung tugas Babinsa dalam melakasanakan pengamanan rute pada pesta olahraga Asian Games 2018 yang direncanakan akan dimulai pada 18 Agustus 2018 di Jakarta dan Palembang.

Koramil Cimanggis sendiri sudah melakukan berbagai persiapan pengamanan untuk menyambut pesta olahraga tersebut. Salah satunya adalah pengamanan rute Asian Games dengan menggunakan peralatan modern guna memudahkan komunikasi para Babinsa yang mengamankan rute.

Babinsa Koramil 06/Cimanggis, Pelda Rasiman melakukan uji coba alat tersebut untuk pertama kalinya saat mengamankan rute VVIP Presiden RI dari Istana Bogor menuju Jakarta, di salah satu jembatan di atas jalan Tol Jagorawi, Selasa (3/7) pagi.

Pelda Rasiman mengaku alat modern tersebut memang canggih. Dirinya dapat berkomunikasi dengan rekan sekaligus ke pimpinan atas dengan menggunakan alat yang sama riil situasi sebenarnya.

“Memang canggih alatnya, kita bisa melaporkan langsung kepada pimpinan dan rekan di rute situasi sebenarnya,” jelas Rasiman.

Diketahui, alat komunikasi tersebut cukup terjamin kera­hasiaannya saat melaksanakan komunikasi, dengan kata lain antisadap, karena telah di-setting dengan menggunakan frekuensi dan bahasa kode sandi rahasia jaring komunikasi yang telah ditentukan.

Sehingga yang dapat berko­munikasi dan mengerti bahasanya hanya personel yang menggunakan alat yang sama.

Danramil 06/Cimanggis, Mayor Hari menerangkan, selain kamera, alat tersebut juga dilengkapi dangan radio HT serta jangkauan hingga wilayah Jabodetabek.

Semua personel yang nanti akan terlibat dalam pengama­nan rute seluruh peserta olahraga Asian Games khusus­nya Babinsa telah dilengkapi peralatan tersebut.

“Selain kamera juga dilengkapi dengan radio HT serta jangkauan hingga wilayah Jabodetabek, khususnya Ba­binsa yang terlibat pengamanan rute Asian Games 2018 telah dilengkapi alat komunikasi modern tersebut, sehingga dapat berkomunikasi dengan personel di luar Depok,” terang Hari.

Danramil Cimanggis juga tak henti-hentinya menekankan kepada seluruh anggotanya untuk mengahafal kode-kode sandi jaring komunikasi yang digunakan serta mengerti dan memahami bagaimana cara menggunakan alat komunikasi modern tersebut.(dra)