25 radar bogor

Menang Dramatis 3-2 atas Jepang, Belgia Tantang Brasil di Perempat Final

Pemain Belgia merayakan gol ke gawang Jepang.
Pemain Belgia merayakan gol ke gawang Jepang.

RADAR BOGOR-Belgia secara dramatis berhasil lolos ke perempat final Piala Dunia 2018 usai mengalahkan Jepang dengan skor tipis 3-2 dalam laga babak 16 besar yang digelar di Rostov Arena, Selasa (3/7) dini hari WIB.

Jepang sempat unggul dua gol lebih dulu berkat aksi Genki Haraguchi dan Takashi Inui. Belgia berhasil bangkit dan berbalik menang lewat gol-gol yang disumbang Jan Vertonghen, Marouane Fellaini dan Nacer Chadli.

Belgia dan Jepang sama-sama bermain cukup terbuka di awal babak pertama. Sayang serangan kedua tim masih belum ada yang membuahkan hasil.

Belgia memiliki peluang emas untuk membuka keunggulan di menit 28. Sayang usaha Vincent Kompany masih gagal menemui sasaran. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Hanya kurang dari tiga menit usai kembali dari kamar ganti, Jepang sukses membuat kejutan dengan memimpin 1-0 berkat gol Haraguchi.

Berawal dari sebuah serangan balik, Gaku Shibasaki memberikan umpan terobosan yang gagal dihadang Vertonghen. Haraguchi pun berhasil menguasai bola sebelum melepas tembakan yang gagal dijangkau Thibaut Courtois.

Semenit berselang, Belgia mencoba melakukan respon instan. Sayang tembakan voli yang dilepas Eden Hazard masih digagalkan tiang gawang.

Alih-alih menyamakan skor, Belgia justru makin jauh tertinggal setelah Inui mencetak gol kedua lewat tembakan keras dari luar kotak penalti di menit ke-52. Rostov Arena benar-benar dibuat terpukau dengan penampilan tim Nippon.

Tertinggal dua gol, Roberto Martinez mencoba merespon dengan memasukkan dua pemain, yakni Marouane Fellaini dan Nacer Chadli yang masing-masing menggantikan Dries Mertens dan Yannick Carrasco.

Keputusan ini terbukti tepat. Serangan tanpa henti Belgia akhirnya membuahkan hasil di menit 69 lewat sundulan dari sudut sempit yang dilesatkan Vertonghen

Lima menit berselang, Belgia sukses menyamakan skor menjadi 2-2. Crossing terukur Hazard berhasil disundul Fellaini untuk menaklukkan Eiji Kawashima.

Kedua tim saling bertukar serangan di sisa laga. Namun peluang Belgia dan Jepang sama-sama belum mampu menghasilkan gol ketiga untuk masing-masing tim.

Petaka untuk Jepang datang di detik-detik terakhir pertandingan. Serangan balik cepat Belgia sukses dituntaskan Chadli menjadi gol. Skor 3-2 untuk kemenangan Belgia mengakhiri laga ini.

Berkat kemenangan ini, Belgia berhak melaju ke babak perempat final untuk menantang tim favorit juara, Brasil pada Sabtu (7/7) dini hari WIB mendatang. (ysp)