25 radar bogor

Bongkar Pertahanan Rapat Senegal, Kolombia Curi Gol Lewat Bek Barcelona

TIDAK BOLEH LEWAT: Winger Kolombia Juan Cuadrado berebut dihadang bek Senegal,Youssouf  Sabaly (FIFA.com)

SAMARA-RADAR BOGOR,Kedua tim cenderung bermain aman serta saling merapa kekuatan pada sepuluh menit awal babak pertama. Tak ada satupun peluang emas yang terjadi. Bola lebih banyak bergulir di lapangan tengah Samara Arena, Jumat (28/6) malam ini.

Kesempatan perdana untuk Kolombia terjadi tepat pada menit ke-12. Kans lahir dari sepakan bebas Juan Quintero. Hanya saja bola berhasil ditepis oleh penjaga gawang Senegal Khadim N’Diaye.

Senegal sempat mendapatkan hadiah penalti karenaDavinson Sanchez menekel Sadio Mane pada menit ke-17. Namun setelah melihat tayangan Video Assistant Referees (VAR), wasit Milorad Mazic asal Serbia menganulir keputusannya.

Singa Teranga, julukan Senegal, mendapatkan kesempatan pertamanya dari tendangan bebas Mane pada menit ke-21. Namun bola berhasil dipetik di angkasa oleh kiper Kolombia David Ospina.

Tendangan bebas Quintero pada menit ke-25 menjadi peluang kedua Kolombia di pertandingan ini. Bola berhasil digapai dan ditanduk oleh Radamel Falcao. Sayang eks Manchester United itu sudah terperangkap offside.

Senegal menciptakan dua peluang secara beruntun pada menit ke-27. Akan tetapi sepakan Keita Balde dan Ismaila Sarr berhasil dibaca dengan sempurna oleh Ospina.

Keputusan mengejutkan dilakukan pelatih Kolombia Jose Pekerman pada menit ke-31. Pekerman menarik sang megabintang James Rodriguez demi Luis Muriel. James tampak sangat kesal. Ia tak kembali ke bangku cadangan dan langsung menuju kamar ganti.

Kehadiran Muriel tidak berdampak cukup besar ke permainan Kolombia. Falcao dan kawan-kawan sangat kesulitan untuk sekadar masuk ke kotak penalti Senegal. Selain sangat rapat, pertahanan Senegal juga bermain sangat disiplin selama babak pertama.

Kolombia mengaambil inisiatif serangan di babak kedua. Di saat sama, Senegal langsung turun ke daerah pertahanannya sendiri untuk memperkokoh lini belakang.

Menit 57, Falcao mendapat umpan terobosan tarik namun dua pemain Senegal dengan cepat langsung menjepit sang striker.

Senegal mendapat peluang emas dari tendangan bebas setelah Saido Mane dilanggar oleh Sanchez di depan kotak saat melancarkan serangan kilat ke dalam kotak. Mane yang mengeksekusi tendanga bebas tersebut tidak mampu memanfaatkannya. Bola melambung jauh di atas gawang Kolombia yang dikawal David Ospina.

Tandukan terarah dari Yerry Mina di menit ke-74 akhirnya memecah kebuntuan di laga ini Kolombia unggul 1-0 atas Senegal hingga akhir pertandingan. Kolombia keluar sebagai juara grup H.

(ysp/saf/jpg)