Beranda Berita Utama Lebih Cepat Berlakukan One Way

Lebih Cepat Berlakukan One Way

GALUH/RADAR BOGOR
TITIK MACET: Pasar Cisarua merupakan salah satu titik kemacetan di kawasan Puncak. Tampak petugas Satlantas Polres Bogor sedang mengatur arus lalu lintas.

BOGOR-RADAR BOGOR, Jalur Puncak tetap menjadi tujuan wisata. Hingga kemarin (17/6), volume kendaraan arah Jakarta menuju Puncak terus meningkat.

Data yang dihimpun, kendaraan yang masuk ke wilayah Puncak sejak Sabtu hingga kemarin (16-17/6) mencapai 38.716 kendaraan roda empat. Itu pun didominasi oleh kendaraan pribadi.

”Volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak meningkat sehingga terjadi kepadatan serta antrean sepanjang dua kilometer lebih di exit Tol Ciawi (seputar Interchange Bogor) sejak pukul 06.30 WIB,” ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Hasby Ristama kepada Radar Bogor, kemarin (17/6).

universitas ibn khaldun bogor uika

Untuk mengurangi kepadatan tersebut, pihaknya memberlakukan sistem satu arah atau one way lebih cepat dari jadwal biasanya. Yakni dilaksanakan pukul 07.00 WIB yang biasanya pukul 07.30 WIB.

Hasby menjelaskan, terdapat beberapa simpul kepadatan di wilayah kawasan jalur Bogor-Puncak-Cianjur (Bopuncur) di antaranya Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Megamendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng.

Polres Bogor kata Hasby juga menurunkan personel di sepanjang jalur Bopuncur dan jalur Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sebanyak 250 orang.

“Personel gabungan dari Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Satuan Sabhara Polres Bogor dan gabungan Polsek Ciawi, Megamendung dan Cisarua,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Bogor menuju Cianjur untuk menggunakan jalur alternatif. Seperti melalui jalur Jonggol Cileungsi dan Cibubur dengan jarak 86 km.

Namun jalur alternatif juga tak luput dari kemacetan. Tingginya volume kendaraan di jalur Puncak membuat Jonggol dipadati pengendara yang akan menuju ke Cianjur.

Kapolsek Jonggol Kompol Agus Supriyanto mengatakan, jalan alternatif Jonggol mulai mengalami peningkatan volume kendaraan sejak satu hari pasca-Lebaran.

Karena itu, Polsek Jonggol melakukan beberapa upaya. Di antaranya merekayasa jalan pada ruas jalan simpang tiga Cibucil, penarikan arus lalin prioritas jalur padat terutama dari arah Cileungsi menuju Cianjur, dan meminimalisir adanya perpotongan arus pada simpangan untuk menghindari adanya kemacetan.

”Untuk wilayah rawan kecelakaan ada di depan Pasar Baru. Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada laka,” imbuhnya.(gal/d)