25 radar bogor

H-1 Lebaran, Sumenep Diguncang Gempa, 26 Rumah Rusak Ada Korban Luka

Salah satu rumah warga di Sumenep yang rusak akibat gempa bumi Rabu (13/6/2018) malam.

MADURA-RADAR BOGOR, Gempa berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR) melanda wilayah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, usai salat tarawih Rabu (13/6/2018) malam.

Gempa tidak hanya membuat panik warga daerah setempat, juga memporak-porandakan rumah penduduk. Diperkirakan, akibat gempa itu warga mengalami kerugian hingga Rp 1 miliar.

Tercatat 26 rumah mengalami kerusakan akibat gempa tersebut. Di Desa Bullaan, Kecamatan Batu Putih, beberapa rumah rusak parah sehingga tidak bisa lagi ditempati oleh pemiliknya.

“Dari hasil pendataan yang dilakukan oleh pihak desa, rumah rusak akibat gempa ada 26 rumah. Jadi kerugiannya cukup besar,” kata Sekretaris Desa Bullaan, Kecamatan Batu Putih, Ahmad Suhairi.

Dia menjelaskan, kerusakan rumah akibat gempa bumi tersebut cukup bervariasi, dari rusak ringan, sedang hingga rusak parah.

Bagi rumahnya yang mengalami kerusakan cukup parah, terpaksa pemiliknya tidur di halaman rumah dengan menggunakan alas seadanya untuk menunggu sahur.

“Akibat gempa, warga masih ketakutan tidur di dalam rumahnya. Meskipun rumahnya tidak rusak, mereka memilih tidur di luar rumah,” kata Suhairi.

Tidak hanya rumah yang rusak, sejumlah warga juga mengalami luka-luka, karena saat kejadian mereka sedang berada di dalam rumah.

Beruntung enam warga yang terkena reruntuhan, masih bisa menyelamatkan diri dengan keluar rumah meski dalam kondisi terluka.

Sejumlah warga masih ketakutan dan khawatir akan terjadi gempa susulan.

“Warga di sini selalu berdoa agar tidak terjadi gempa susulan. Sebab kejadian ini membuat kita khawatir untuk tinggal di dalam rumah,” jelas Suhairi. (ysp)