25 radar bogor

Bangga Banyak Muslim Di Piala Dunia

Piala Dunia 2018 yang digelar di Rusia akan menjadi warna tersendiri bagi pemain muslim. Dibanding dengan hajatan akbar sepak bola edisi sebelumnya, Piala Dunia tahun ini disebut-sebut bakal menjadi panggung bagi pemain muslim, menyusul lolosnya empat dari lima negara di benua Afrika, seperti Maroko, Tunisia, Mesir, dan Senegal.

Keempat negara ini merupakan wilayah yang rata-rata penduduknya beragama Islam. Bahkan, persentase muslim di Maroko, Tunisia, Mesir, dan Senegal berada di atas angka 90 persen.

Tak mengherankan, skuat mereka saat ini didominasi pemain muslim. Wakil Afrika lainnya, Nigeria juga sebenarnya memiliki penduduk muslim yang cukup signifikan.

Hanya saja, dalam skuat mereka saat ini jumlah pemain muslim sangat minim. Yang diketahui publik sejauh ini hanya Abdullahi Shehu dan Ahmed Musa. Selain dari Afrika yang jumlahnya diyakini tak kurang dari 80 pemain muslim, pesepak bola Islam juga banyak dari Asia.

Itu karena dari empat wakil Asia sejauh ini, dua negara di antaranya, yakni Arab Saudi dan Iran adalah tim dengan hampir seluruh skuatnya adalah muslim. Selain enam negara itu, masih ada sejumlah negara lain juga yang diperkuat pemain-pemain muslim. Jerman, Prancis, serta Swiss adalah yang paling menonjol.

Di kubu Jerman setidaknya ada lima pemain muslim yang rutin memperkuat mereka di babak kualifikasi dan uji coba. Termasuk nama tenar seperti Mesut Ozil, Sami Khedira, serta Skhodran Mustafi. Sementara di Prancis, ada nama-nama seperti Paul Pogba, Moussa Sissoko, hingga Nabil Fekir.

Sedangkan di Timnas Swiss, jumlahnya lebih banyak lagi. Swiss yang baru memastikan kelolosan mereka ke Rusia punya pemain muslim seperti Denis Zakaria, Granit Xhaka, Xherdan Shaqiri, Blerim Dzemaili, Haris Seferovic, Admir Mehmedi, Valon Behrami, hingga Admir Mehmedi.

Negara-negara seperti Belgia juga selalu rutin diperkuat pemain muslim. Salah satu nama yang jadi langganan adalah Mauroane Fellaini. Ada juga Moussa Dembele dan Adnan Januzaj yang kembali dipanggil ke timnas usai main bagus di Real Sociedad.

Mengenai banyaknya pemain muslim di Piala Dunia, Dembele angkat bicara. Menurutnya, hal itu bagus mengingat kualitas para pesepak bola muslim mulai diakui Eropa.

Sebut saja Mohamed Salah asal Mesir yang menjelma sebagai mesin gol Liverpool. ”Persaingan (pemain muslim) akan bertambah menarik. Apalagi ada juga yang bermain di Premier League,” ucapnya.(net)