25 radar bogor

KPK Bidik Ayah Zumi Zola

MUHAMAD ALI/JAWAPOS DIPERIKSA LAGI: Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola (kiri) berjalan keluar ruangan menuju mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/5).
MUHAMAD ALI/JAWAPOS
DIPERIKSA LAGI: Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola (kiri) berjalan keluar ruangan menuju mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (25/5).

JAKARTA–Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami pengetahuan keluarga tersangka Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola Zulkifli atas kasus dugaan penerimaan gratifikasi sejumlah proyek di Jambi.

Empat hari belakangan, secara berurutan lembaga antirasuah memanggil dan memeriksa keluarga Zola. Terakhir Jumat (25/5) mereka memanggil ayah Zola, Zulkifli Nurdin.

Menurut Ketua KPK Agus Rahardjo, pemanggilan keluarga tersangka kasus yang ditangani oleh instansinya merupakan hal biasa dan wajar.

Pemanggilan itu juga belum tentu memastikan bahwa ada keterlibatan keluarga dalam kasus yang mereka tangani. Namun, hal itu bisa saja terjadi. Seperti diungkap dalam kasus-kasus sebelumnya. ”Antara lain (kasus) Bengkulu. Dua kali diterima isteri,” imbuh Agus kemarin.

Namun demikian, sejauh ini pemanggilan keluarga Zola oleh KPK dilakukan guna mendalami sejumlah temuan. ”Ya itu kan selalu begitu kan kalau pemeriksaan di KPK,” imbuhnya.

Penyidik lembaga superbodi itu tidak akan segan memanggil dan memeriksa setiap orang yang pernah berhubungan dengan tersangka. Termasuk keluarga. ”Bahwa diperiksa itu kan belum tentu yang bersangkutan akan kena proses hukum lebih lanjut,” tambah dia.

Apalagi jika mereka diperiksa sebagai saksi. Menurut Agus, itu dilakukan hanya untuk mendalami informasi.

Berkaitan dengan potensi terjadi tindak pidana pencucian uang (TPPU) dalam kasus yang menyeret Zola, Agus belum bisa menyampaikan banyak hal. Tapi, dia menekankan bahwa saat ini instansinya tengah berusaha agar TPPU dalam kasus korupsi yang ditangani oleh KPK bisa turut diproses.

Itu penting lantaran TPPU juga merpakan tindak pidana yang merugikan banyak orang. ”Jadi, kami ke depan mungkin akan selalu kami gandeng TPPU-nya,” ucap Agus.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan kepada keluarga Zola, KPK mendalami pengetahuan keluarga mantan aktor itu atas kasus yang membuat dirinya menjadi tersangka. Khususnya yang berkaitan dengan temuan uang dan aset milik Zola.

Lima hari lalu (22/5) istri Zola, Sherin Taria yang dipanggil dan diperiksa oleh penyidik di Gedung Merah Putih KPK. Sehari berikutnya (23/5), giliran ibunda Zola yang Hermina diperiksa untuk kasus yang sama.

Kemudian pada Kamis (24/5) adik Zola, Zumi Laza Zulkifli yang didatangkan KPK ke Jakarta. Selain diperiksa untuk Zola, mereka juga diperiksa untuk tersangka ARN (Arfan).

Juru Bicara (Jubir) KPK Febri Diansyah menjelaskan bahwa instansinya memanggil Zulkifli Nurdin untuk menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK.(syn)