25 radar bogor

Saung Kiray Ngopi, Sediakan Sangu Tutug Oncom

BISA UNTUK BUKA: Mahendra Kusuma saat meracik dan menyajikan kopi lokal dengan cara tradisional di Saung Kiray.

Bagi yang enggan atau malas karena berbagai alasan dalam menyiapkan menu berbuka puasa saat ini, tidaklah sulit. Berbagai jenis makanan dan minuman dapat diperoleh di banyak restoran. Salah satunya Saung Kiray, yang berlokasi di Jalan Binamarga.

Meskipun identik dengan kopi, menu di tempat ini juga cukup lengkap. Perwakilan Saung Kiray Ngopi, Mahendra Kusuma mengatakan, selain kopi juga ada minuman lain, camilan ringan serta makanan berat seperti nasi.

“Harga dan lokasi juga memberikan kenyamanan pengunjung,” terang Mahendra, kemarin. Salah satu minuman kopi yang aman dinikmati saat berbuka puasa, yakni cappucino dan kopi vietnam. Bagi yang tak menyukai kopi, bisa memilih vege juice atau jus sayur buah.

Restoran ini lebih menonjolkan berbagai jenis makanan khas Jawa Barat serta berbagai jenis minuman berbahan utama kopi. Walaupun banyak restoran yang menyajikan menu serupa, tapi di Saung Kiray berbeda.

Minuman kopinya terbuat dari beragam jenis kopi lokal nusantara. Menu spesialnya yakni sangu tutug oncom diolah secara tradisional.

“Sangu tutug oncom di sini diolah menggu­nakan lulumpang kayu. Minuman kami juga banyak, dari jus sehat, spesialnya kopi lokal nusantara,” ungkap owner Saung Kiray, Ambar LK Dharmaputra kepada Radar Bogor, kemarin.

Dengan cara tersebut, rasa khas sangu tutug oncom lebih terasa. Belum lagi ditambah dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.

Oncom yang dipakai untuk campuran merupakan oncom hitam spesial. Semakin nikmat disajikan dengan beragam menu tambahan, seperti lalapan, sambal, jambal, serta bisa memilih menggunakan dendeng, ayam bakar atau goreng, lele crispy juga sate maranggi. “Jambal roti dan lalapan dengan sambal pasti ada,” tambah Ambar.(mer/c)