25 radar bogor

Ekaterinburg, Kota Penghasil Zamrud Eropa

INDAH : Salah satu bangunan bersejarah di Kota Ekaterinburg yang megah dan indah.

Ekaterinburg merupakan kota yang terletak di bagian barat Rusia. Mereka merupakan bagian dari Sverdlovsk Region dan merupakan ibu kota dari Distrik Federal Ural.

Kota ini pertama kali dibangun pada tahun 1723, di mana kota ini pertama kali diproyeksikan sebagai daerah pertambangan, di mana daerah ini kaya akan minyak, gas, dan emas. Namun yang membuat Ekaterinburg spesial adalah daerah ini memi­liki deposit emerald (zamrud) terbesar di Eropa.

Kota ini dinamai atas nama Rusia pada saat itu, Ratu Cathe­rine I, di mana nama kota ini sempat diubah menjadi Sver­dlovsk dari tahun 1924-1991 sebelum nama kota ini dikem­balikan ke asalnya.

Meski namanya tidak terlalu terkenal, namun Ekaterinburg ini merupakan kota ke empat terbesar di Rusia, setelah Mos­cow, St. Petersburg, dan Novo­sibirsk. Di era modern ini, Ekate­rinburg dikenal sebagai salah satu kota dengan infrastruktur-infrastruktur kelas dunia dan mereka disebut masuk dalam salah satu dari 12 kota Ideal versi UNESCO.

Selain infrastruktur kelas dunia, Ekaterinburg dikenal sebagai pusat kebudayaan di Rusia. Di kota ini terdapat enam Theater di mana nama Kolyada Theatre disebut sebagai teater terbaik yang ada di kota ini.

Di kota ini terdapat sejumlah landmark yang cukup indah. Salah satu landmark yang terkenal dan bersejarah adalah Cathedral on The Blood. Gereja ini meru­pakan salah satu gereja terbesar di Rusia dan gereja ini menjadi saksi di mana keluarga Romanovs -keluarga bangsawan terakhir di Rusia- dieksekusi mati. Sempat ditutup cukup lama, Gereja ini akhirnya kembali dibuka di tahun 2000 dengan sejumlah renovasi.

Kota ini juga memiliki sejumlah landmark-landmark unik, seperti Monumen Michael Jackson, Monumen The Beatles dan juga Monumen Keyboard.

Untuk urusan kuliner di Ekate­rinburg sendiri memiliki sejum­lah hidangan khas, salah satunya adalah Pelmeni. Pelmeni ini kon­sep­nya mirip dengan dim­sum, di mana cacahan daging yang sudah dibumbui kemudian ditutup oleh kulit yang menyeru­pai pangsit dan kemudian disaji­kan bersama kaldu bening yang kaya akan rasa ditemani oleh mustard Rusia dan krim asam.

Selain pelmeni, ada satu hidangan yang cukup terkenal di kawasan Ekaterinburg, yaitu first lady’s bird cherry cake. Buah bird cherry merupakan salah satu buah yang tumbuh subur di kawasan Ural, namun tidak banyak dikembangkan di daerah Rusia lain. Buah ini dijadikan bahan dasar untuk membuat kue bolu yang cita rasanya kaya. Dinamakan first lady’s bird cherry cake.(rur/bol)