Beranda Bogor Raya 2021 tak Ada Jalan Beraspal

2021 tak Ada Jalan Beraspal

DEPOK.GO.ID
PROGRAM PERBAIKAN: Sejumlah petugas DPUPR Kota Depok menambal jalan yang masih menggunakan aspal. Pemkot Depok menargetkan 2021 tidak ada lagi jalan beraspal lantaran akan dibetonisasi.

DEPOK–RADAR BOGOR,Pemerintah Kota Depok menargetkan 2021 seluruh ruas jalan di Kota Belimbing itu tidak ada lagi yang beraspal. Ya, Pemerintah Kota Depok saat ini tengah menggencarkan program betonisasi di seluruh ruas jalan.

Hingga saat ini, sedikitnya lima persen ruas jalan di Kota Depok belum dibetonisasi. Menurut Kepala DPUPR Depok Manto Jorgi, pemkot akan secepatnya menyelesikan betonisasi jalan hingga 100 persen.

Betonisasi ini dipilih karena penggunaan material beton lebih kuat dibandingkan aspal. Tahan di berbagai cuaca, seperti hujan dan panas. Selai itu, beton juga mampu menahan beban hingga 30 ton.

universitas pakuan unpak

”Dengan betonisasi, usia jalan bisa sampai 10 tahun. Berbeda dengan aspal, sangat membutuhkan perawatan khusus dan kerap kali memakan anggaran yang lebih besar untuk pemeliharaan,” terangnya. Makanya, lanjutnya, sebagian besar jalan di Kota Depok akan dibetonisasi. Ini juga berlaku untuk jalan lingkungan.

Berdasarkan data DPUPR, ruas jalan di Kota Depok mencapai 1.283 kilometer. Jumlah ini terbagi atas jalan kolektor dan lokal sepanjang 547,63 kilometer, dan jalan lingkungan sepanjang 735,37 kilometer. ”Sudah 95 persen dalam kondisi baik,” ucapnya.

Terpisah, anggota Komisi C DPRD Depok Selamet Riyadi mengatakan, langkah baik bagi DPUPR membangun infrastruktur jalan yakni menggunakan sistem betonisasi. Namun, pesannya, harus diperhatikan para pelaksana pekerjaan di lapangan oleh pihak ketiga.

”Kami harap pekerjaan infrastruktur jalan dikerjakan akhir tahun tidak ada kendala. DPUPR harus memperhatikan kualitas kerja para pengembang yang mengerjakaan proyek tersebut,” tandasnya. (irw/rd)