Beranda Bogor Raya Eksekusi Bocimi Terus Berjalan

Eksekusi Bocimi Terus Berjalan

HADANG PETUGAS: Sejumlah warga saat memprotes eksekusi lahan untuk Tol Bocimi.

CIGOMBONG–RADAR BOGOR,Camat Cigom­­bong Basrowi me­nyayangkan aksi protes warga saat eksekusi lahan untuk pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di Kampung Cisalada, Desa Cisalada, Kecamatan Cigombong, Rabu (9/5).

Menurutnya, eksekusi lahan tersebut didasari keputusan Pe­nga­dilan Negeri Cibinong. Artinya, keputusan tersebut sudah bulat tanpa bisa diganggu gugat.

”Iya, itu kan sudah diputuskan oleh pengadilan, jadi tidak perlu disampaikan lagi. Ekse­­kusi lahan itu mengacu pada putusan, kami pastikan eksekusi lahan untuk Bocimi akan terus berjalan,” tegasnya.

Diwawancarai terpisah, Bu­pati Bogor Nurhayanti men­jelaskan, Pemkab Bogor sedia­nya sudah memfasilitasi dan menyosialisa­­sikan perihal pembebasan lahan untuk pembangunan Tol Bocimi.

”Secara aturan, ketua panita pembebasannya adalah BPN. Jadi kami memfasilitasi saja, membantu menyosialisasikan, membantu jika ada kendala-kendala,” beber Nurhayanti.

Ia juga menegaskan, sudah seharusnya masyarakat turut mendukung pekerjaan Tol Bocimi tersebut.

”Untuk kepentingan umum masak sih masyarakat tidak mau beri? Kami coba terus de­­ngan pendekatan,” ucapnya.

Sebelumnya, warga yang tak terima eksekusi lahan tersebut mencoba me­ng­hadang puluhan petugas ga­bungan dari Satpol PP, ke­polisian, dan TNI dengan membawa sertifikat tanah dan berkas lainnya yang me­nunjukkan bahwa lahan tersebut adalah hak milik mereka.

Seperti diketahui, pemerintah menargetkan lanjutan proyek Tol Bocimi Sesi I pada Lebaran tahun ini sudah bisa beroperasi. Jalan tol bakal berfungsi hingga Cigombong terlebih dahulu.

Pimpinan proyek Tol Bocimi pada Trans Jabar Tol, Joko Susilo mengatakan, hingga 25 Maret, progres pem­bangunan­­nya sudah 77,5 persen. Ia bahkan optimis pekerjaan bakal selesai tepat waktu sehingga bisa difungsikan sebagai jalur mudik Lebaran.(dka/c)