Beranda Bogor Raya Tekankan Pembelajaran Konseptual

Tekankan Pembelajaran Konseptual

KOMPAK: Pelajar SMAN 2 Gunungputri saat melakukan kegiatan Widya Wisata Kelas X ke Yogyakarta, akhir pekan lalu.
CIBUBUR-RADAR BOGOR,Pembelajaran yang dilakukan di sekolah tak hanya berupa kegiatan di dalam kelas. Proses belajar juga sangat efektif dilakukan di luar kelas, salah satunya dengan proses belajar nyata.
Hal itu yang mendasari puluhan pelajar SMAN 2 Gunungputri untuk rekreasi edukatif di Kota Pelajar, Yogya­karta, akhir pekan lalu.
Sekolah yang berlokasi di areal perumahan elite Kota Wisata Cibubur ini, memang selalu menge­depankan bentuk proses nyata tersebut. Ketua panitia Goes to Yogya, Tabrani menje­laskan, kegiatan ini membawa peserta didik langsung berin­teraksi terhadap objek pem­belajaran.
”Di antaranya me­mahami objek kultur, historis, dan ilmu pengetahuan serta teknologi,” ujar Tabrani.
Menurutnya, kegiatan edukatif ini membawa pengalaman para siswa dalam memperluas wawasan yang berorientasi pada pembelajaran kontekstual serta menjadikan wawasan untuk membekali salah satu perguruan tinggi yang efektif bagi lulusan SMA.
Sementara, Kepala SMAN 2 Gunung Putri Asep Anwar menambahkan, pembelajaran kontekstual terlaksana secara edukatif pada bidang akademis, kultural, historis, ekonomis, ilmu pengetahuan dan alam.
”Kultur dan sisi historis kehidupan di Jawa yang mendunia terdapat pada Candi Borobudur dan Kraton Yog­yakarta. Sedangkan aspek ekonomis pada Malioboro. Tak lupa dari akademis ada di Universitas Gajah Mada,” bebernya.
Hal tersebut, kata dia, sudah dikemas satu paket dalam kegiatan Widya Wisata Kelas X SMAN 2 Gunung Putri. (dka/c)