Beranda Bogor Raya Barat Utara Manfaatkan Situ Salabenda

Manfaatkan Situ Salabenda

POTENSI: Petani ikan air tawar jenis lele memanen hasil pembudidayaan. Selanjutnya, hasil panen ini akan dijual ke pusat pelelangan ikan di kawasan Kemang.

KEMANG–RADAR BOGOR, Kecamatan Kemang ditetapkan sebagai salah satu wilayah minapolitan di Kabupaten Bogor. Penetapan ini pun menjadi pe­kerjaan rumah Pemerintah Kecamatan Kemang untuk terus mengembangkan sektor perikanan air tawarnya.

Sebagai langkah awal, pemerintah setempat berencana memanfaatkan situ yang ada, salah satunya Situ Salabenda. ”Di Kecamatan Kemang ini ada empat situ yang menjadi target, yakni Jampang Pulo dan Situ Cilala di Desa Jampang, Situ Kemang di Desa Kemang, dan Situ Salabenda di Desa Parakan Jaya,” ujar Camat Kemang Nana Mulyana.

Dua situ di antaranya, yakni Jampang Pulo dan Cilala, bahkan digadang-gadang menjadi urat nadi minapolitan. Sementara, pemanfaatan Situ Salabenda saat ini masih dalam proses.

universitas-nusa-bangsa

Belum lama ini pun Pemcam Kemang mendapat bantuan berupa jaring apung dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Bogor. ”Sudah kami tebar ikan di sana,” paparnya.

Selain pemanfaatan situ, program lainnya yang tengan dibidik adalah regenerasi budi daya ikan hias. Terlebih, ikan hias menjadi komoditi terbesar di Kecamatan Kemang.

Saat ini pun terdapat tiga kelompok tani ikan hias yang nantinya akan menjadi pionir pengembangan Situ Salabenda. ”Kami ingin kampanyekan kepada mereka bahwa budi daya ikan hias dan tawar itu menguntungkan,” katanya. (cr3/c)