25 radar bogor

Bogor Bersaing Rebut Gelar “The Most Loveable City”

IKON KOTA: Tepas Salapan Lawang Dasakerta menjadi salah satu ikon Kota Bogor yang bakal ikut andil dalam penilaian The Most Loveable City.

BOGOR– RADAR BOGOR, Jaringan World Wide Fund for Nature (WWF) global kembali meluncurkan kampanye “We Love Cities” untuk merayakan upaya kota-kota di dunia menghadapi perubahan iklim. Serupa dengan pelaksanaan kampanye We Love Cities pada tahun 2016, Indonesia kembali diwakili oleh Kota Jakarta, Bogor dan Balikpapan yang akan memperebutkan gelar ‘The Most Loveable City’.

Direktur Konservasi WWF-Indonesia, Arnold Sitompul menjelaskan, kota adalah pusat peradaban masa depan dimana semakin banyak wilayah yang akan berkembang menjadi perkotaan dan sebagian besar populasi manusia akan hidup di perkotaan.

“Oleh karena itu, WWF sangat mendorong inisiatif kota-kota untuk berinovasi dan berkontribusi aktif mengurangi emisi gas rumah kaca dalam mengatasi perubahan iklim,” katanya.

Kampanye We Love Cities kata dia, adalah bagian dari kompetisi One Planet City Challenge (OPCC) yang diadakan setiap dua tahun dan diikuti oleh kota-kota di dunia untuk menunjukkan berbagai ambisi, komitmen dan inovasi yang telah dibuat untuk mengatasi perubahan iklim di kotanya masing-masing. “Secara khusus, OPCC tahun ini menyorot upaya kota untuk mewujudkan mobilitas kota yang berkelanjutan,” ucapnya.

Mengingat 25 persen emisi CO2 dihasilkan dari sektor transportasi, OPCC mendorongkan kota untuk menunjukkan berbagai inovasi dan solusi yang dihasilkan untuk menciptakan sistem transportasi yang dapat mewujudkan mobilitas kota berkelanjutan.

Sejatinya, sebanyak delapan kota asal Indonesia mengikuti One Planet City Challenge tahun ini yang merupakan partisipasi Indonesia terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Setelah melalui berbagai proses seleksi dan penilaian, Jakarta, Bogor dan Balikpapan kembali lolos menjadi kota finalis dan otomatis menjadi kota peserta kampanye We Love Cities.

“Selama periode kampanye We Love Cities yang akan berlangsung sejak 7 Mei hingga 30 Juni 2018, masing-masing kota akan menampilkan keunggulannya masing-masing dalam upaya mengatasi perubahan iklim yang dapat mencakup sebagian atau seluruh sektor berikut, yaitu energi, transportasi, limbah, bangunan dan pangan,” ungkapnya.

Selain Jakarta, Bogor dan Balikpapan dari Indonesia, kampanye We Love Cities juga akan diikuti oleh 47 kota lainnya dari 20 negara. Beberapa kota ternama yang berpartisipasi dalam We Love Cities tahun ini adalah Tokyo, Vancouver, Istanbul dan Kuala Lumpur.

Sementara itu, dalam komptesi ini, Pemkot Bogor memfokuskan pengurangan emisi karbonnya melalui promosi mobilitas berkelanjutan yang direalisasikan dengan program ‘Hari Bebas Kendaraan’ dan pembangunan rute pejalan kaki dan pesepeda yang lebih baik.

Kota Bogor adalah pemegang predikat The Most Lovable City atau kota favorit pilihan netizen dalam kampanye We Love Cities 2016 setelah mengalahkan telak 45 kota peserta lainnya dengan jumlah vote dan penyebutan tagar terbanyak di media sosial.

Untuk diketahui, pemenang We Love Cities akan ditentukan lewat banyaknya jumlah vote dan saran yang diterima di website www.welovecities.org dan jumlah like, share dan comment dari setiap unggahan asli di media sosial yang menyebutkan tagar unik kota. (fik/*)