Beranda Bogor Raya Ratusan Umat Hindu Penuhi Sentul

Ratusan Umat Hindu Penuhi Sentul

Ilustrasi

SENTUL–RADAR BOGOR, Ratusan umat Hindu se-Jabodetabek meng­hadiri HUT atau Pujawali Pura Vira Canti Dharma yang ber­lokasi di kompleks Indo­nesia Peace and Security Center (IPSC) Sentul, Sabtu 05/04. Bahkan, ada rombo­ngan khu­sus berjumlah lebih dari 60 orang yang datang lang­sung dari Kabupaten Ka­ranga­sem, Bali, untuk memeriahkan acara tersebut.

Ketua Pengurus Pura Vira Santi Dharma Mayor Inf I Gusti Ngurah Jelantik me­nyam­paikan, tahun ini ada­lah Pujawali yang ke-5 Pura Vira Canti Dharma. ”Pura Sentul ini mulai dibangun 7 Juni hingga 7 Desember 2013 dan diresmikan secara kedi­nasan pada 7 April 2014 oleh Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia,” bebernya.

Misi awalnya, sambung Jelantik, untuk menyediakan sarana ibadah bagi pa­ra prajurit sebelum dikirim ke luar negeri untuk misi per­damaian. ”Biasanya mere­ka dipersiapkan selama sebu­lan di sini. Namun seiring ber­tam­bahnya waktu, ba­nyak umat di luar kompleks yang beri­badah di pura ini,” ucapnya.

Adapun upacara Pujawali diawali dengan prosesi me­caru, yaitu upacara ritual untuk membersihkan area pura, dilanjutkan dengan persembahyangan bersama yang dipimpin Pinandita Nyoman Susila dari Pura Cibinong.

Acara juga diisi dengan Dhar­ma Wacana atau cera­mah agama yang disampai­kan salah seorang tokoh Hin­du yang juga mantan Rektor Universitas Pertahanan, Letjen TNI (purn) Dr I Wayan Midhio M Phil.(*/wil)