Beranda Bogor Raya Siapkan Lulusan Andal

Siapkan Lulusan Andal

IST
KEAHLIAN: Siswa SMK Pariwisata Metland School melihat proses pembuatan makanan.

CIBUBUR–RADAR BOGOR, Perkembangan industri tak luput dari sumber daya manusia (SDM) yang terlatih di bidangnya. Untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil, tak sedikit pelaku industri mengincar lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK).

Tak heran, hampir semua SMK yang ada di kawasan Cibubur, berlomba-lomba menyiapkan sumber daya yang andal. Salah satunya, SMK Pariwisata Metland School, yang berlokasi di Jalan Taman Kota, Cileungsi.

Sekolah ini sudah membekali siswanya dan siap bersaing di dunia kerja.

“Kami ingin, sekolah secara bertahap dapat mengem­bang­kan potensi anak didik selama tiga tahun belajar. Seperti magang di perusahaan-peru­sahaan milik Metland, maupun berwirausaha,” ujar Vice Director Hotel Division Met­land, Purwantono kepada Radar Cibubur.

Bahkan, pihaknya bekerja sama dengan sejumlah sekolah di Thailand, dalam bentuk pertukaran pelajar. Kerja sama ini, kata dia, untuk mening­katkan potensi atau keahlian para pelajar.

Sementara itu, Direktur PSMK Kemendikbud RI Bahrun mengatakan, sebetulnya pendi­dikan yang diterapkan di SMK sudah harus mengem­bangkan keahlian dalam bidangnya.

“Jadi, asumsi masyarakat bahwa lulusan SMK itu banyak yang nganggur tidak benar. Kita buktikan bahwa SMK itu penye­dia calon tenaga kerja yang siap bersaing dalam dunia wirausaha,” pungkasnya. (cr2/c)