25 radar bogor

Uu Janji Tebar Benih Ikan Ditingkatkan

RAMAH: Kang Uu berbincang dengan warga saat kunjungan ke Dermaga Galumpit, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Rabu (2/5).

SUMEDANG-RADAR BOGOR,Calon wakil gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Uu Ruzhanul Ulum, berjanji akan merutinkan penebaran benih ikan di tiga waduk yang ada di sepanjang Sungai Citarum, jika dirinya terpilih memimpin Jawa Barat.

Penebaran benih ikan di tiga waduk tersebut, sebagai upaya untuk meningkatkan kese-jahteraan masyarakat di sekitar tiga waduk yang berada di sepanjang Sungai Citarum, yakni Saguling, Cirata, dan Jatiluhur.

Selama ini tiga waduk tersebut banyak dimanfaatkan oleh masyarakat dengan membuat jaring terapung. Padahal, pemerintah pusat melalui program Citarum Harum, menargetkan seluruh waduk di sepanjang Citarum bisa bebas dari keberadaan jaring apung karena menjadi penyebab sedimentasi.

”Seandainya jadi pemimpin Jawa Barat, kami rutin menebar benih ikan, bahkan meningkat setiap tahunnya,” tutur Uu ketika melakukan kunjungan ke Dermaga Galumpit, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwa-karta, Rabu (2/5).

Dengan menebar benih, maka diharapkan terjadi pergeseran dari jaring apung ke nelayan tangkap.

Di Tegalwaru, kata Uu, banyak nelayan ikan tangkap yang hasilnya sudah diekspor ke luar negeri, sehingga potensi peningkatan pendapatan dari ikan cukup besar. Ikan yang ditangkap atau tidak melalui budi daya mempunyai nilai jual lebih tinggi jika dikelola dengan baik.

”Kendalanya ikan masih jarang, makanya banyak masyarakat menginginkan ada peningkatan penebaran benih ikan. Itu seperti gayung bersambut, kami memang berkeinginan supaya Citarum itu suci dan menyucikan, artinya airnya bersih dan bisa digunakan untuk membersihkan hadas. Tentu jika kami terpilih akan menebar benih ikan sesuai dengan keinginan masyarakat,” paparnya.

Benih ikan, lanjut Uu, me-rupakan cikal bakal ikan yang bisa ditangkap oleh masyarakat. Dengan terus melakukan pe-nebaran benih, maka produksi ikan tangkap bisa meningkat dan dengan sendirinya pen-dapatan masyarakat juga meningkat.

”Tugas pemimpin itu harus menyejahterakan masyarakat, makanya kami akan terus memperjuangkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.(*)