25 radar bogor

Tol BORR Seksi 2B dan 6 Ruas Tol Baru Lainnya Beroperasi Bulan Ini

Tol BORR Seksi 2B direncanakan beroperasi mulai bulan ini bersamaan dengan 6 ruas tol baru lainnya.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Tujuh ruas tol ditargetkan beroperasi pada bulan Mei 2018 ini. Untuk itu saat ini tengah dilakukan uji laik fungsi oleh tim evaluasi yang terdiri dari unsur Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia terhadap tujuh ruas tol yang segera beroperasi itu.

Tujuh ruas tol yang akan dievaluasi meliputi ruas Tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Simpang Susun (SS) Sragen (36 km), Tol Bogor Ring Road Seksi 2B Kedung Badak-Simpang Yasmin (2 km), Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) Seksi 1 SS Tanjung Morawa-SS Parbarakan (10,75 km), Tol Gempol-Pasuruan Seksi 2 SS Rembang-SS Pasuruan (6,6 km), Akses Dryport Cikarang Tol Jakarta-Cikampek (3,5 km), Tol Pejagan-Pemalang Seksi SS Brebes Timur-Sewaka (37 km) dan Tol Pemalang-Batang Seksi Sewaka-SS Pemalang (5,2 km).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna menjelaskan bahwa dalam pelaksanaannya, proses evaluasi dilakukan oleh Tim Laik Fungsi yang terbagi atas tiga sub tim.

Sub tim I yang akan mengevaluasi aspek keselamatan dan manajemen lalu lintas, sub tim II mengevaluasi aspek sarana jalan, jembatan dan bangunan pelengkap, serta sub tim III mengevaluasi aspek administrasi dan operasi. Adapun laporan mengenai rencana evaluasi laik fungsi sudah disampaikan pada akhir April lalu kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

“Evaluasi laik fungsi jalan tol diselenggarakan dalam rangka pemenuhan persyaratan aspek teknis, operasi, dan administrasi sebagai jalan tol yang berkeselamatan,” kata Kepala BPJT Herry TZ dalam keterangan resmi, seperti dikutip Kamis (3/5/2018).

Herry bilang, sebelum dilakukan evaluasi, BPJT telah melakukan pra laik fungsi untuk mengetahui progres penyelesaian pekerjaan pada beberapa ruas tol yang mendekati selesai.

Untuk ruas tol Solo-Ngawi Seksi Kartosuro-Simpang Susun Sragen, Tol Bogor Ring Road Seksi 2B dan Jalan Tol MKTT Seksi 1, dan Tol Gempol-Pasuruan Seksi 2 penyelesaian pekerjaan berupa finishing yang ditargetkan selesai pada minggu pertama hingga minggu kedua Mei 2018.

Sementara untuk Akses Dryport Cikarang dalam tahap penyelesaian perbaikan permukaan perkerasan dan kelengkapan peralatan transaksi tol yang akan selesai pada akhir Mei 2018. (ysp)