25 radar bogor

May Day, Buruh Deklarasikan Prabowo Subianto Sebagai Calon Presiden

Prabowo Subianto

JAKARTA-RADAR BOGOR, Perayaan hari buruh internasional May Day 2018 akan diikuti sekitar 1 juta buruh dari 25 provinsi dan 200 Kabupaten Kota di seluruh Indonesia. Namun, dalam peringatan hari buruh itu terselip agenda politik yaitu deklarasi Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2019.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, pihaknya telah memutuskan untuk mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai calon Presiden 2019 pilihan para buruh. Hal itu disetujui melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KPSI.

“Keputusan Rakernas KSPI kemarin telah menetapkan Prabowo Subianto sebagai calon Presiden yang akan di dukung buruh,” ujarnya saat dihubungi JawaPos.com, Senin (30/4).

Bahkan dalam pertemuan serikat buruh dengan pihak kepolisian, mereka telah menyampaikan terkait rencana deklarasi calon presiden 2019. “Sudah, termasuk semalam kita sampaikan ke bapak Kapolda saat acara silahturahmi,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menerangkan, aksi buruh akan berkumpul di Patung Kuda Jalan Medan Mereka Barat, Jakarta Pusat. Setelah itu, massa melakukan long march menuju Istana Presiden.

“Aksi di istana presiden sampai dengan jam 13:00 WIB. Lanjut peserta massa aksi akan bergerak ke Istora Senayan untuk merayakan May Day sekaligus deklarasi calon presiden RI 2019-2024 yang akan di pilih dan di dukung buruh Indonesia,” tandansya.

Memperingati May Day 2018 ini,  pihaknya mengusung Tritura Plus yang dimaksud berisi tiga tuntutan buruh dan rakyat. Pertama mereka meminta pemerintah untuk menurunkan harga beras, listrik, dan BBM (Wujudkan Kedaulatan Pangan dan Energi), kedua tolah upah murah (Cabut PP 78/2015 tentang Pengupahan) dan ketiga tolah TKA China “Unskilled Worker” beserta tuntutan plus hapus outsourcing dan pilih Presiden RI 2019 yang pro buruh. (ysp)