Beranda Metropolis Ratusan Difabel Diajak Hidup Sehat

Ratusan Difabel Diajak Hidup Sehat

BOGOR–RADAR BOGOR, Ruang publik bagi difabel memang terbatas. Namun, mereka wajib menjaga kesehatan hidup. Termasuk, turut menyukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Lebih dari 100 orang difabel daksa dan rungu asal Bogor turut memeriahkan Germas Difabel ini. Mereka tampak aktif berkonsultasi dan mengecek kesehatan.

Germas Difabel 2018 akan diawali dengan senam difabel. Dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, juga pemaparan literasi keuangan yang sehat. Kegiatan diakhiri dengan deteksi dini kesehatan dan peme­­riksaan kesehatan gratis.

universitas-nusa-bangsa

“Menjaga kesehatan dimulai dari diri sendiri, kemudian keluarga, karena dengan begitu bisa menciptakan masyakakat yang sehat,” ujar Kabid Kese­hatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kota Bogor, Erna Nuraena, saat memberi penyu­lu­han bagi para peserta difabel di gedung Poli Spesialis, lantai tiga Rumah Sakit Marzoeki Mahdi, Kota Bogor, kemarin.

Menurutnya, hidup sehat bisa dimulai dari beraktivitas, olah­raga teratur, dan tidak berdiam diri. Selanjutnya, mengatur konsumsi dengan menyeim­bangkan makan sayur dan buah, pemeriksaan keseha­tan dan imunisasi di Posbindu.

“Menjaga dan membersihkan lingkungan sekitar. Dan, jauhkan rokok. Memilih tetap sehat atau mengobati? Sehat ditentukan oleh lingkungan, pelayanan, dan perilaku,” ucapnya.

Germas Difabel juga meng­angkat isu kekinian mengenai tingkatan stres yang cenderung naik.  Baca selengkapnya di Epaper Radar Bogor hari ini (don/c)