Beranda Berita Utama Dua Pemimpin Korea Bertemuam IHSG Menguat

Dua Pemimpin Korea Bertemuam IHSG Menguat

ilustrasi suasana Bursa Efek Indonesia (dok.Jawapos)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Pertemuan dua pemimpin Korea, Kim Jong-un dan Moon Jae-in membawa pengaruh bagi pereko­nomian di Indonesia. Itu terlihat dari indeks harga saham gabungan (IHSG)  naik tipis 0,17% pada perdagangan terakhir ke level 5.919,24. Penguatan IHSG juga sama dengan bursa saham kawasan regional lainnya diperdagangkan di zona hijau.

Indeks Nikkei naik 0,66%, indeks Shanghai naik 0,23%, indeks Hang Seng naik 0,91%, indeks Strait Times naik 0,2%, indeks Kospi naik 0,68%, indeks SET (Thailand) naik 0,26%, dan indeks KLCI (Malaysia) naik 0,6%.

Mantan wakil Menteri Luar Negeri RI sekaligus pendiri Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Dinno Pati Djalal, mengatakan pertemuan Kim dan Moon berdampak positif terhadap relasi kedua negara. Namun, peristiwa ini tak akan serta-merta membuka jalan reunifikasi dua negara yang telah terpisah sejak akhir Perang Dunia II 1945 silam.

“Meski kedua Korea selama ini menginginkan reunifikasi, tidak ada rencana jelasnya mengenai reunifikasi. Jadi, saya rasa ini masih sangat jauh,” kata Dino.

Walau demikian, mantan duta besar RI untuk Amerika Serikat ini mengatakan niat baik Kim Jong-un yang mulai membuka diri terhadap tetangganya di selatan patut dipuji.

Dino melihat faktor ekonomi dan kejenuhan Korea Utara mendorong negara terisolasi itu untuk mulai membuka diri. “Saya kira Korut memiliki kepentingan yang lebih besar sehingga mau berinisiatif mulai membuka diri, terutama karena kepentingan ekonomi,” ujar Dino.

Menurut Dino, ketika dia berkunjung ke Korut bersama sejumlah akademisi dari negara Asia lainnya beberapa waktu lalu, terlihat bahwa mereka ingin mengakhiri sanksi dan isolasi. “Mereka terlihat ingin memulai berfokus pada pembangunan ekonomi,” lanjutnya.(rah/net)