Beranda Berita Utama Video Detik-detik Kim Jong-un Melintasi Garis Perbatasan, Sempat Hening Lalu…

Video Detik-detik Kim Jong-un Melintasi Garis Perbatasan, Sempat Hening Lalu…

Detik-detik saat Kim Jong-un melintasi garis perbatasan, untuk pertama kalinya, menuju wilayah negara serumpun di selatan.

KOREA-RADAR BOGOR, Sekitar 2.000 orang jurnalis memadati Kintex Conference Center di kota Ilsan, Korea Selatan, yang menjadi pusat aktivitas media selama berlangsungnya KTT Korea Utara-Korea Selatan.

Ribuan jurnalis tersebut berasal dari berbagai kantor berita di seluruh dunia, yang telah bersiaga sejak Kamis (26/4/2018).

Dikutip dari CNN pada Jumat (27/4/2018), suasana ketika hening menanti detik-detik Kim Jong-un melintasi garis perbatasan, untuk pertama kalinya, menuju wilayah negara serumpun di selatan.

universitas-nusa-bangsa

Saat langkah kaki Pemimpin Korea Utara tersebut benar-benar melintasi garis perbatasan, pusat aktivitas media pun seketika dipenuhi sorak-sorai dan riuhan tepuk tangan.

Sejarah Baru Dua Korea, Kim Jong Un-Moon Jae In Berjabat Tangan. Damai Nih!

Suasana antusias tersebut terus berlanjut hingga kamera video menyorot jabat tangan antara Kim Jong-un dan Presiden Moon Jae-in, yang sekaligus menandakan dimulai KTT Korea Utara-Korea Selatan.

Di saat bersamaan, ratusan warga berkumpul di Stasiun Kereta Api Seoul untuk menyaksikan siaran langsung pertemuan yang bersejarah itu.

Banyak di antara mereka bergegas memotret detik-detik siaran langsung ketika Kim Jong-un melintasi perbatasan, dan berjabat tangan dengan Presiden Moon Jae-in.

Salah seorang warga, Ji Kwang-jin mengatakan kepada CNN bahwa ia merasa senang menyaksikan reaksi positif KTT Korea Utara-Korea Selatan.

“Saya sengaja datang ke sini (Stasiun KA Seoul) untuk menyaksikan momen bersejarah ini dengan warga lainnya,” ujar Ji seraya tersenyum. (ysp)