Beranda Berita Utama Bertemu Presiden Korea Selatan, Kim Jong-un Bawa Toilet Pribadi

Bertemu Presiden Korea Selatan, Kim Jong-un Bawa Toilet Pribadi

Kim Jong-un bersalaman dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In, pada KTT Korea Utara-Korea Selatan, Jumat (27/4/2018).

KOREA-RADAR BOGOR, Ada yang menarik dari pertemuan bersejarah antara Presiden Korea Utara Kim Jong-Un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In, Jumat (27/4/2018). Bukan hanya membawa beberapa misi penting, ternyata ada satu benda unik yang selalu dibawanya saat bepergian. Benda itu adalah toilet pribadi.

Dikutip dari CBS News pada Jumat (27/3/2018), disebutkan Kim setuju untuk duduk satu meja dalam KTT tersebut, namun pemimpin Korea Utara itu dilaporkan menolak menggunakan seluruh toilet umum di lokasi pertemuan.

Dijelaskan oleh Lee Yun-keol, seorang pembelot Korut sejak 2005, Kim tidak pernah mau menggunakan toilet yang tersedia di lokasi mana pun ia pergi. “Pemimpin Korea Utara memiliki sebuah toilet pribadi yang selalu dibawa ke mana pun ia pergi,” jelas Yun-keol kepada The Washington Post.

universitas-nusa-bangsa

Menurut Yun-keol, Kim khawatir terhadap kemungkinan serangan terselubung ketika berada di bilik toilet seorang diri.

Laporan dari kantor berita Korea Selatan, DailyNK, Kim Jong-un disebut menciptakan sendiri toilet portabel yang dipasang di iring-iringan kendaraan dinasnya.

“Toilet khusus itu tidak hanya dipasang di kendaraan dinasnya, tapi juga dipasang di mobil kecil, hingga angkutan khusus untuk medan pegunungan,” jelas seorang sumber di Provinsi Pyongan Selatan yang akrab dengan Komando Pengawal Kim, kepada DailyNK pada 2015.

“Ada banyak kendaraan di dalam konvoi, sehingga orang tidak tahu yang mana dia berada, dan ada mobil terpisah yang berfungsi sebagai kamar mandinya.”

Jadi, setidaknya dalam hal ini, tampaknya KTT Korea Utara – Korea Selatan tidak berbeda dengan kunjungan Kim yang lain. Dia hanya selalu menggunakan toilet pribadi yang dijaga sangat ketat. (ysp)